Sabtu, 08 April 2023

Sejarah Banyumas (30): Karangkobar dan Dataran Tinggi Dieng di Banjarnegara; Peta Budaya, Peta Geografi, Peta Zaman Kuno


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Banyumas dalam blog ini Klik Disini

Dimana itu Karangkobar? Jangan tanya dulu. Dimana itu Batur? Juga jangan tanya dulu. Tahukah dimana Dataran Tinggi Dieng? Jika sudah mengetahui Dieng, kita sedang membicarakan Batur dan Karangkobar. Lepas dari pengetahuan kita tentang Dieng, bagaimana sejarah Karangkobar dan Batur? Siapa peduli? Nah, masalahnya utu. Dalam konteks inilah narasi sejarah Karangkobar dan Batur ditulis. Untuk mengingat kembali di wilayah Batur selain Kawasan eksotik air terjun (Curug Mrawu; Tieng Batur), air panas, sumur dan kawah seperti Candradimuka, Sinila, Timbang, Sileri, Sikidang) dan telaga Dringo, Merdada dan Sewiwi, juga ada candi Dwarawati, Arjuna, Bima dan Gatotkaca.

 

Karangkobar sebuah kecamatan di kabupaten Banjarnegara, 26 Km dari kota Banjarnegara. Batas di utara/timur kecamatan Kalibening dan kecamatan Wanayasa; di selatankecamatan Banjarmangu; di barat kecamatan Kalibening. Desa di Karangkobar adalah Ambal, Binangun, Gumelar, Jlegong, Karanggondang, Karangkobar, Leksana, Pagerpelah, Pasuruhan, Paweden, Purwodadi, Sampang dan Slatri. Sementara itu, Batur juga adalah kecamatan di kabupaten Banjarnegara di sebelah utara, 42 Km melalui Karangkobar. Pusat pemerintahan kecamatan Batur di desa Batur. Desa di kecamatan Batur adalah Bakal, Batur, Dieng Kulon, Karangtengah, Kepakisan, Pasurenan, Pekasiran, Sumberejo, Batas-batas wilayah di utara kabupaten Batang; di timur kabupaten Wonosobo; di selatan kecamatan Pejawaran dan Kabupaten Wonosobo; di barat kecamatan Wanayasa. Kecamatan Batur di ketinggian 1.600-2.100 M dpl dengan suhu 14-20 °C siang, 9-12 °C malam (musim kemarau Juli dan Agustus suhu udara dapat mencapai 0 °C di pagi hari dengan embun beku ‘bun upas’ (embun racun menyebabkan kerusakan tanaman). Bentuk topografi seluruh kecamatan Batur dataran tinggi termasuk kawasan Dataran Tinggi Dieng dimana sungai mengalir antara lain Mrawu, Gondang, Dolok, Jawan dan Sigugor. Tenmpo doeloe perkebunan teh dan tembakau, kini kentang, kubis, wortel, cabai. Hutan cemara di lereng-lereng gunung. (Wikipedia).

Lantas bagaimana sejarah Karangkobar dan Dataran Tinggi Dieng di Banjarnegara? Seperti disebut di atas, ibarat daerah Puncak milik Bandung bagi orang Jakarta (jauh di mata dekat di hati), demikian juga daerah Karangkobar dan Dataran Tinggi Dieng milik Banjarnegara bagi orang Semarang. Satu yang penting tentang Karangkobar dan Dataran Tinggi Dieng di Banjarnegara kita sedang membicarakan peta budaya, peta geografi dan peta zaman kuno. Lalu bagaimana sejarah Karangkobar dan Dataran Tinggi Dieng di Banjarnegara? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah seharusnya memiliki permulaan. Jika sejarawan gagal memberikan bukti catatan tertulis, setiap orang bahkan oleh penduduknya sendiri akan menciptakan imajinasi sendiri. Untuk menghindari hal itu terjadi, sumber utama yang digunakan dalam artikel ini adalah ‘sumber primer’ seperti surat kabar dan majalah sejaman, foto dan peta-peta. Sumber buku hanya digunakan sebagai pendukung (pembanding), karena saya anggap buku juga merupakan hasil kompilasi (analisis) dari sumber-sumber primer. Dalam penulisan artikel ini tidak semua sumber disebutkan lagi karena sudah disebut di artikel saya yang lain. Hanya sumber-sumber baru yang disebutkan atau sumber yang sudah pernah disebut di artikel lain disebutkan kembali di artikel ini hanya untuk lebih menekankan saja*.

Karangkobar dan Dataran Tinggi Dieng di Banjarnegara; Peta Budaya, Peta Geografi, Peta Zaman Kuno

Sebelum kita memahami wilayah dataran tinggi Dieng, ada baiknya dimulai dari pemahaman tentang wilayah Karang Kobar. Awalnya district/afdeeling Karang Kobar dimasukkan ke dalam wilayah Residentie Pekalongan. Namun dalam perkembangannya, pasca Perang Jawa (1825-1830), wilayah Karang Kobar dimasukk ke dalam residentie yang baru dibentuk: Residentie Banjoemas. Mengapa?


Secara teknis, pemerintahan dalam bentuk (bernegara, kenegaraan) baru dimulai pasca dibubarkan VOC dengan membentuk Pemerintah Hindia Belanda. Semuanya dimulai dari atas (dari Batavia tempat kedudukan Gubernur Jenderal Hindia Belanda). Satu yang pertama di wilayah (pulau) Jawa dibentuk prefektus (provinsi) yakni bagian barat di Batavia, bagian tengah pusat di Semarang dan bagian timur pusat di Soerabaja. Belum selesai konsolidasi cabang-cabang pemerintah, saat mana GG Daendels menjalankan program pembangunan jalan pos trans-Java, pengembangan pertanian dengan membangun kanal serta membangun kota-kota pemerintahan, pada tahun 1811 terjadi pendudukan Inggris. Selama pendudukan Inggris ini Raffles membentuk 16 residentie, diantaranya Cirebon, Preanger, Tegal, Pekalongan dan Kedoe. Bagaimana batas-batasnya belum ditarik secara tegas.  Akan tetapi pendudukan Inggris harus berakhir, Pemerintah Hindia Belanda dipulihkan kembali pada tahun 1816. Pemerintah Hindia Belanda kembali melakukan konsolidasi wilayah dengan meneruskan pembentukan residentie pada era pendudukan Inggris. Saat mana HG Nahuijs menjadi residente di Vorstenlanden (Soerakarta dan Jogjakarta) terjadi perebutan kekuasaan yang mana salah satu kelompok menentang kelmpok yang lain dan juga otoritas Pemerintah Hindia Belanda. Terjadi Perang Jawa yang dimulai pada akhir tahun 1824. Perang ini sangat lama. Untuk mendukung pemerintahan mana kala milter tengah bekerja, Pemerintah Hindia Belanda menempatkan seorang pejabat sipil setingkat Asisten Residen di Karang Kobar (lihat Bataviasche courant, 11-05-1825). Asisten Residen W Titsingh bertanggungjawab kepada Resident Pekalongan. Hal inti karena wilayahnya berada di satu lanskap. Dalam hal ini district/afdeeling Karang Kobar termasuk lanskap pegunungan, termasuk Kawasan dataran tinggi Dieng.

Pasca Perang Jawa (1825-1830) dalam hubungannya dengan (hasil) perang, Soesoehoenan harus menyerangkan wilayah bagian timur (Madioen dan sekitarnya) dan wilayah bagian barat (Bagelen dan Banjoemas) berada di bawah sepenuhnya otoritas Pemerintah Hindia Belanda. Di wilayah bagian barat awalnya dibentuk satu residentie dengan nama Residentie Bagelen, Ledok dan Banjoemas). Akan tetapi tidak lama kemudian pada tahun 1831 Residentie Banjoemas berdiri sendiri. Dalam konsolidasi pembentukan residentie di wilayah pantai selatan ini, wilayah district/afdeeling Karang Kobar dimasukkan wilayah Residentie Banjoemas. Mengapa?


Yang jelas dengan konsolidasi wilayah pada tingkat residentie ini, wilayah Karang Kobar yang termasuk di dalamnya dataran tinggi Dieng, yang awalnya berkiblat ke pantai utara, kini bergeser ke pantai selatan Jawa. Mengapa? Tentu saja karena ada alasan historisnya. Fakta secara geografis wilayah Karang Kobar cenderung lebih dekat ke pantai utara (di Pekalongan). Bagaimana dengan wilayah Wonosoba? Kita akan lihat nanti pada artikel selanjutnya.

Dalam pembentukan residentie Banjoemas, dibagi ke dalam empat afdeeling: Banjoemas, Poerbalingga, Adjibarang dan Bandjarnegara. Dalam hal ini afdeeling Karang Kobar sebelumnya dilebur ke dalam satu afdeeling Bersama afdeeling Bandjarnegara. Dalam hal ini district Karang Kobar dan district Batoer, dua diantara district-district di afdeeling Bandjarnegara. Ibu kota afdeeling Bandjarnegara berada di Bandjarnegara.


Dua district berdekatan dengan district Karang Kobar dan district Batoer adalah district Bandjar dan district Singomerto. Dalam hal ini nama ibu kota ditambahkan dari Bandjar menjadi Bandjarnegara, dimana nama Bandjar tetap sebagai nama district, sedangkan nama ibu kota (Bandjarnegara) dijadikan sebagai nama wilayah (afdeeling Bandjar Negara). Ibu kota Bandjarnegara sendiri masuk wilayah district Singomerto. Nama Bandjar di daerah aliran sungai Serajoe adalah nama kuno, sebagaimana halnya nama Bandjar di daerah aliran sungai Tjitandoei. Nama Bandjarnegara dalam hal ini adalah nama baru, tetapi merujuk pada tempat yang sama (Bandjar). Sementara ibu kota district Karang Kobar di desa Karang Kobar dan district Batoer di desa Batoer. District Batoer secara geografis berada di di dataran tinggi Dieng (bandingkan dengan desa dan danau pegunungan Batur di kecamatan Kintamini, Bali). Batoer sendirei merujuka pada tempat suci pada masa lampau (sejenis candi).

Tunggu deskripsi lengkapnya

Peta Budaya, Peta Geografi, Peta Zaman Kuno: Karangkobar dan Dataran Tinggi Dieng Masa ke Masa

Tunggu deskripsi lengkapnya

 

 

*Akhir Matua Harahap, penulis artikel di blog ini adalah seorang warga Kota Depok sejak 1999 hingga ini hari. Pernah menjadi warga Kota Bogor (1983-1991) dan Jakarta Pusat (1991-1999). Disamping pekerjaan utama sebagai dosen dan peneliti di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, saya memiliki hobi berkebun di seputar rumah--agar lingkungan tempat tinggal segar dan hijau. Menulis artikel di blog hanya dilakukan saat menonton sepakbola atau waktu senggang, utamanya jelang tidur. Saya sendiri bukan sejarawan (ahli sejarah), tetapi ekonom yang memerlukan aspek sejarah dalam memahami ekonomi dan bisnis Indonesia. Artikel-artikel sejarah dalam blog ini hanyalah catatan pinggir yang dibuang sayang (publish or perish). Korespondensi: akhirmh@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar