*Untuk melihat semua artikel Sejarah Tata Kota di Indonesia di blog ini Klik Disini
Seperti
halnya kota Palembang, kota Jambi juga berada di daerah aliran sungai besar.
Kota Palembang di sungai Musi, kota Jambi di sungai Batanghari. Karakteristik
dua kota ini mirip. Perbedaannya hanya secara geografis: kota Palembang bermula
di sisi utara sungai, kota Jambi bermula di sisi selatan. Lalu lintas perahu
menghubungkan dua sisi sungai yang membentuk kota.
Pola Permukiman Melayu Jambi: Studi Kasus Kawasan Tanjung Pasir Sekoja. Tesis. Budi Aelius Putra. Absrak. Kota Jambi sebagai kota istana terbentuk sejak hadirnya kerajaan Melayu Jambi (abad XVIII), di pinggiran sungai Batanghari. Wujud kota Jambi telah dibentuk oleh kebudayaan material dan spiritual dari berbagai etnik, strata sosial, ekonomi dan sistem pemerintahan. Kawasan Tanjung Pasir bagian kota Jambi menunjukkan gejala-gejala dan kecenderungan akan tumbuh dan berkembang tanpa arah. Untuk mengantisipasi gejala-gejala tersebut di atas, diperlukan pemahaman tentang karakter, pola pemukiman di kawasan Tanjung Pasir Sekoja. Penelitian ini mencoba untuk menjawab tentang karakter pola permukiman Melayu Jambi dan pengaruh-pengaruh dalam pembentukan pola ruang. Pola permukiman pada kawasan Tanjung Pasir Sekoja terbagi menjadi tiga, yaitu pola mengelompok, pola menyebar, dan pola memanjang. Pola lahan permukiman yang terbentuk terbagi menjadi dua, yaitu pola lahan permukiman pinggiran sungai membentuk pola linier dan pola lahan permukiman pada kawasan darat berbentuk grid yang orientasi permukimannya cenderung mengarah pada jalan lingkungan. (http://eprints.undip.ac.id/)
Lantas bagaimana sejarah tata kota di Jambi di daerah aliran sungai Batanghari? Seperti disebut di atas, tipologi kota Jambi mirip dengan kota Palembang. Bagaimana posisi GPS kota Jambi era zaman kuno? Lalu bagaimana sejarah tata kota di Jambi di daerah aliran sungai Batanghari? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.
Sejarah seharusnya memiliki permulaan. Jika sejarawan gagal memberikan bukti catatan tertulis, setiap orang bahkan oleh penduduknya sendiri akan menciptakan imajinasi sendiri. Untuk menghindari hal itu terjadi, sumber utama yang digunakan dalam artikel ini adalah ‘sumber primer’ seperti surat kabar dan majalah sejaman, foto dan peta-peta. Sumber buku hanya digunakan sebagai pendukung (pembanding), karena saya anggap buku juga merupakan hasil kompilasi (analisis) dari sumber-sumber primer. Dalam penulisan artikel ini tidak semua sumber disebutkan lagi karena sudah disebut di artikel saya yang lain. Hanya sumber-sumber baru yang disebutkan atau sumber yang sudah pernah disebut di artikel lain disebutkan kembali di artikel ini hanya untuk lebih menekankan saja*.
Tata Kota di Jambi di Daerah Aliran Sungai Batanghari; Posisi GPS Kota Jambi Era Zaman Kuno
Kota Jambi sebagai kota tua, merujuk pada zaman masa lampau. Kita mulai saja di suatu teluk dimana sungai Batanghari bermuara. Pada sisi selatan muara terbentuk kampong Jambi. Seperti kita lihat nanti, dalam perkembangannya di kampong Jambi ini terbentuk pos perdagangan yang dari waktu ke menjadi penting yang pada akhirnya terbentuk kerajaan. Di muara sungai ini terbentuk pulau, akibat proses sedimentasi jangka panjang. Wilayah daratan semakin meluas dan pulau tersebut (dan pulau-pulau lainnya di teluk) juga semakin meluas mengakibatkan sungai Batanghari mencari jalannya sendiri menuju laut.
Arus besar (sungai) Batanghari melewati sisi utara pulau dan arus kecil
(sungai) Batanghari melewari sisi selatan pulau. Pada ujung pulau itu kemudian
terbentuk kampong baru yang disebut kampong Tanjoeng. Di kawasan dua arus
sungai ini terjadi sedimentasi jangka panjang sehingga sehingga sungai kecil di
selatan pulau (disebut sungai Kampeh) kemudian bermuara (bertemu) kembali ke
arus besar sungai (sungai Batanghari) di Tanjung (kampong Muara Kampeh). Tanjong
atau nama tempat di tanjong inilah di masa lampu terbentuk kampong, yang mana
nama tanjong disebut Tandjong Jaboeng. Dengan bergesernya muara sungai
Batanghari, terkesan kampong/kota Jambi berada jauh di pedalaman.
Pada peta-peta Portugis sudah diidentifikasi nama Jambi (ditulis: Sabi), tepat berada di muara sungai Batanghari. Nama Jambi sendiri sudah disebut dalam teks Negarakertagama (1365 M). Ini mengindikasikan nama Jambi sudah lama eksis, namun dimana posisi GPS tidak diketahui secara pasti. Nama Jambi, berdasarkan catatn Tiongkok bahkan lebih tua dari yang dicatat dalam teks Negarakertagama.
Dalam teks Negarakertagama juga ada disebut nama Kampei. Namun sulit
menyimpulkan apakah nama Kampei berada di teluk Jambi, di teluk Deli atau
wilayah lain. Nama Kampei di (teluk) Jambi dihubungkan dengan nama sungai di
hilir kampong/kota Jambi (sungai Kampeh). Di wilayah selatan Jambi, hanya nama
Palembang satu-satunya yang disebut dalam teks. Sedangkan nama-nama lain banyak
disebut di wilayah utara Jambi, seperti Kampar, Siak, Rokan (kini masuk Riau)
serta Panai, Mandailin dan (Padang) Lawas (Sumatra Utara). Nama-nama lain yang
disebut dalam teks Negarakertagama di daerah aliran sungai Batanhari adalah
(Muara) Tebo dan Dharmasraya. Jika mundur ke zaman sebelum Jambi, boleh jadi
muara sungai Batanghari masih berada di (muara) Tebo. Hal itu diduga kuat
karena di zaman kuno, di wilayah Merangin di Karang Brahi ditemukan prasasti
yang berasal dari abad ke-7 (sejaman dengan prasasti di Kedoekan Boekit,
Talawang Tuwo dan Talaga Batu di Palembang).
Jika mengacu pada yang disebut dalam kutipan di atas bawah dasar pertimbangan hari jadi kota Jambi 28 Mei 1401 dimana ditemukannya tanah pilih oleh Putri Selaras Pinang Masak bersama sepasang angsa. Awal abad ke-15 ini juga di dalam artikel lain bahwa salah satu pangeran Palembang membentuk kerajaan baru di Semenanjung Malaya (kerajaan Malaka). Apakah hal ini ada kaitannya dengan invasi Jawa (era Singhasari dan era Majapahit)? Satu yang pasti dalam hal ini nama Jambi sudah disebut pada abad ke-14 (1365), suatu nama yang sama yang diidentifikasi dalam peta-peta Portugis di suatu teluk.
Wilayah teluk (Jambi) pada peta-peta Belanda (VOC) tampak lebih lengkap
dan presisinya lebih baik. Di belakang teluk di muara sungai Batanghari diidentifikasi
nama (kota) Jambi. Di Kawasan teluk digambarkan dua pulau, yang mana pulau yang
lebiih kecil di sebut pulau Trin dan tanjong yang berada di selatannya disebut
Tanjong Jaboeng (ditulis: Tanjong Bon).
Pada peta-peta era Pemerintah Hindia Belanda, wilayah Jambi sudah digambarkan dengan situasi dan kondisi yang mendekati dengan yang sekarang, Tentu saja, bahkan hari ini proses sedimentasi terus berlangsung di wilayah pesisir/pantai (yang menyebabkan pantai timur wilayah Jambi yang sekarang terus meluas ke arah laut. Nama-nama kampong (muara) Simpang dan Muara Sabak adalah muara-muara sungai Batanghari sebelum yang sekarang. Di Muara Sabak bermuara sungai Sabak di sungai Batanghari. Dengan kata lain pada masa ini (sejak era Pemerintah Hindia Belanda) kota Jambi seakan berada jauh di pedalaman.
Tunggu deskripsi lengkapnya
Posisi GPS Kota Jambi Era Zaman Kuno: Tata Kota Jambi Masa ke Masa
Posisi nama tempat Jambi tampaknya tidak berubah untuk waktu yang sangat lama hingga di masa lampau. Nama (kampong/kota) Jambi berada diantara berbagai era. Kota Jambi berada di sisi selatan sungai Batanghari, di suatu area yang lebih tinggi dari kawasan sekitar tidak jauh dari danau Sipin. Pada Peta 1901 masih tampak rawa-rawa di area sebelah hulu sungai.
Berdasarkan gambaran Peta 1901, sungai Batanghari mengalir tepat di
tepian sungai Batanghari. Namun dalam perkembangannya di suatu waktu di masa
lampau arus sungai bergeser ke arah timur membentuk arus baru. Bekas sungai
Batanghari yang melalui tepian kampong Jambi kemudian menjadi sungai mati yang
membentuk suatu danai (danau Spin). Di seberang Jambi di sisi utara sungai
diidentifikasi (kampong) Petjinan (yang mana di arah hulu terdapat kampong
Penyinget). Sementara di arah hulu kampong/kota Jambi diidentifikasi kampong
Menalo. Boleh jadi nama Menalo ini merujuk pada orang-orang Batak (marga
Manaloe). Hal itu dapat dikaitkan dengan laporan seorang Portugis, Mendes Pinto
yang mengunjungi ibu kota Kerajaan Aru Batak Kingdom tahun 1537 menyebut
Kerajaan Aroe (di Padang Lawas) memiliki kekuatan 15.000 pasukan dimana delapan
ribu orang Batak dan sisanya didatangkan dari Jambi, Indragiri, Minangkabau,
Broenai dan Luzon.
Pada permulaan pembentukan cabang Pemerintah Hindia Belanda di Jambi, area (kota) Jambi dimana Residen berkedudukan. Kota Jambi bermula dari sejumlah kampong/kota, yakni: Jambi dan kampong-Batak di selatan sungai dan kampong Cina, dan (kepulauan) Riau sebelah utara sungai.
Pada era VOC/Belanda pedagang-pedagang Belanda dan pedagang-pedagang
Inggris mnembangun pos perdagangan (logi) di sebelah utara sungai. Sementara
area kerajaan berada di selatan sungai di dekat danau Sipin (lihat Peta 1695).
Pada tahun 1707 VOC/Belanda mulai membangun benteng/logi yang baru di sisi
selatan sungai di arah timun paseban (di sekitar jalan Wahidin dan jalan
Supratman). Sementara eks pemukiman/pos perdagangan Eropa (Belanda dan Inggris)
tersebut kemudian menjadi Petjinan (lihat Peta 1901)
Sejak VOC/Belanda membangun benteng di sisi selatan sungai (sejak 1707), diduga menjadi awal perkembangan kota Jambi yang sebenarnya. Pemindahan pos perdagangan VOC/Belanda dan mulai membangun benteng diduga karena VOC/Belanda telah memenangkan hati raja Jambi (ini menjadi ancaman bagi pedagang Inggris di seberang sungai).
Di dalam laman Wikipedia disebut pada tahun 1615 kerajaan Jambi menjadi kesultanan. Pada 1616 Jambi merupakan pelabuhan terkaya kedua di Sumatra setelah Aceh, dan pada 1670 kerajaan ini sebanding dengan tetangga-tetangganya seperti Johor dan Palembang. Namun kejayaan Jambi tidak berumur panjang. Tahun 1680-an Jambi kehilangan kedudukan sebagai pelabuhan lada utama, setelah perang dengan Johor. ambi sebagai pusat pemukiman dan tempat kedudukan raja terus berlangsung. Istana yang dibangun di Bukit Tanah Pilih disebut sebagai istana tanah pilih yang terakhir sebagai tempat Sultan Thaha Saifuddin dilahirkan dan dilantik sebagai sultan tahun 1855. Istana Tanah Pilih ini kemudian di bumi hanguskan sendiri oleh Sultan Thaha tahun 1858 menyusul serangan balik tentara Belanda karena Sultan dan Panglimanya Raden Mattaher menyerang dan berhasil menenggelamkan 1 kapal perang Belanda Van Hauten di perairan Muaro Sungai Kumpeh. Setelah Istana Tanah Pilih Kota Jambi di hancurkan Belanda, dan Sultan Thaha mundur ke pedalaman Jambi. Pada tahun 1903 Pangeran Ratu Martaningrat, keturunan Sultan Thaha, sultan yang terakhir, menyerah kepada Belanda. Jambi digabungkan dengan keresidenan Palembang. Dari puing – puing Istana Tanah Pilih oleh Belanda dikuasai dan dijadikan tempat markas serdadu Belanda. Praktis setelah Sultan Thaha Saifuddin gugur tangga 27 April 1904 Belanda secara utuh menempatkan wilayah kerajaan Jambi sebagai bagian wilayah kekuasaan Kolonial Hindia Belanda. Kesultanan Jambi resmi dibubarkan oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1906. Jambi kemudian berstatus onderafdeling di bawah Afdeling Palembang. Pada Tahun 1906 onder Afdeling Jambi ditingkatkan sebagai Afdeling Jambi kemudian di tahun 1908 Afdeling Jambi menjadi Kerisidenan Jambi dengan residennya O.L. Helfrich berkedudukan di Jambi. Peta 1910.
Hingga tahun 1906 Kota Jambi masih terbilang suatu
kumpulan kampong-kampong. Meski demikian sudah ada rintisan jalur darat dari
Palembang ke Jambi (jalan raya yang ada sekarang). Seiring dengan peningkatan
status pemerintahan di Jambi dari Afdeeling menjadi Residentie, pembangunan
kota Jambi mulai berlangsung cepat. Jalan-jalan raya lalu lintas jarrah jauh
dan jalan-jalan kota sudah mulai terbentuk. Begitu lebarnya sungai Batanghari
tidak dimungkinkan membangun jembatan. Lalu lintas antar tepian suangai
dilakukan dengan perahu.
Oleh karena akses yang paling mudah ke kota Jambi, pelayaran sungai
menjadi pilihan utama. Hanya saat perang terjadi jalur darat antara Palembang
dan Jambi dimungkinkan oleh para pasukan/militer. Pembangunan jalan raya di
wilayah provinsi Jambi, justru yang pertama dilakukan di wilayah Kerintji,
jalur darat yang terhubung ke utara hingga ke kota Padang dan ke pantai barat
di Inderapura. Pembangunan jalan darat dari Sungai Penuh, Kerinci ke arah bawah
di timur hingga ke Pangkalan Djambi (Merangin). Peta 1877
Di Merangin berpusat di Bangko. Pada tahun 1920 jaringan jalan dari Bangko sudah terhubung ke utara di Muara Bungo dan di selatan di Sarolangoen serta ke timur di Muara Tebo. Sementara itu pembangunan jaringan jalan dari Jambi sudah mencapai Muara Tembesi. Meski demikian sudah ada rintisan jalan antara Muara Tebo ke Muara Tembesi.
Pada Peta 1927 selain Kota Jambi, yang sudah terbentuk kota adalah
Saroelangoen dan Moeara Boengo. Bangko, Muara Tebo dan Muara Tembesi serta
Koeala Tongkal masih berupa kota kecil.
Pada Peta 1936 Kota Jambi sudah mencerminkan kota besar (bandingkan dengan Peta 1910). Hingga berakhirnya Pemerintah Hindia Belanda semua kota-kota di wilayah Residentie Jambi sudah terhubung satu sama lain (kecuali Koeala Toenggal yang terpisah).
Tunggu deskripsi lengkapnya
*Akhir Matua Harahap, penulis artikel di blog ini adalah seorang warga Kota Depok sejak 1999 hingga ini hari. Pernah menjadi warga Kota Bogor (1983-1991) dan Jakarta Pusat (1991-1999). Disamping pekerjaan utama sebagai dosen dan peneliti di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, saya memiliki hobi berkebun di seputar rumah--agar lingkungan tempat tinggal segar dan hijau. Menulis artikel di blog hanya dilakukan saat menonton sepakbola atau waktu senggang, utamanya jelang tidur. Saya sendiri bukan sejarawan (ahli sejarah), tetapi ekonom yang memerlukan aspek sejarah dalam memahami ekonomi dan bisnis Indonesia. Artikel-artikel sejarah dalam blog ini hanyalah catatan pinggir yang dibuang sayang (publish or perish). Korespondensi: akhirmh@yahoo.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar