Jumat, 26 Agustus 2022

Sejarah Menjadi Indonesia (798): Pelurusan Sejarah Zaman Baru di Indonesia; Narasi Sejarah Indonesia Kini Ada Tidak Reliabel


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Sebagaimana pada artikel sebelum ini, ada perbedaan motif para peneliti/ahli sejarah era Hindia Belanda dibandingkan era Indonesia masa kini. Para peneliti masa kini, baik orang Indopnesia maupun orang asing (terutama orang Belanda) tentang sejarah Indonesia (sejarah Indonesia merdeka, sejarah Hindia Belanda, sejarah era VOC/Belanda dan era Portugis serta zaman kuno). Tujuan para peneliti pada masa ini tetap untuk tujuan kebenaran ilmiah, tetapi kerap tergoda dengan motif lainnya. Hal itulah mengapa narasi sejarah Indonesia masa kini tidak sedikit yang kontroversi (relative terhadap era Hindia Belanda).


Ada perbedaan ketersedian data sejarah pada era Hindia Belanda dengan era masa kini. Pada masa kini, para peneliti sudah cukup tinggi ketersediaan data, juga metode pengumpulan data dan analisis lebih canggih dan lebih banyak pilihan untuk yang sesuai. Hanya saja perlua diperhatikan bahwa data-data yang berasal dari era Hindia Belanda ada yang bersifat politis dan ada yang apa adanya. Dokumen-dokumen pemerintah harus dapat dipilah-pilah. Dokumen pemerintahm terutama yang bersifat kebijakan tidak mengacu pada fakta dan data. Selain itu, data yang bersumber dari era Indonesia merdeka meski banyak tersedia tetapi para peneliti tidak semurni pada era Hindia Belanda. Para peneliti masa kini sudah tergoda dengan pesanan (pihak lain) atau tujuan yang lain (tujuan pribadi) yang adakalanya tidak terkait dengan kebenaran ilmiah, tetapi ada yang sebaliknya kesimpulan penelitian yang dibuat malahan untuk tujuan pembenaran.

Lantas bagaimana sejarah pelurusan sejarah zaman baru Indonesia? Seperti disebut di atas, penelitian pada era Hindia Belanda banyak yang tidak valid lagi. Lalu penelitian pada masa ini narasi sejarah Indonesia merdeka banyak yang tidak reliabel. Semua itu karena masuknya motif pribadi yang tidak terkait dengan tujuan kebenaran ilmu pengetahuan. Lalu bagaimana sejarah pelurusan sejarah zaman baru Indonesia? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Menjadi Indonesia (797): Pelurusan Sejarah Zaman Kuno di Nusantara; Narasi Sejarah Hindia Belanda Tidak Valid Lagi


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Ada perbedaan motif para peneliti/ahli sejarah era Hindia Belanda dibandingkan era Indonesia masa kini. Para peneliti era Hindia Belanda (orang Belanda khususunya) ruang lingkup penyelidikannya sejara era VOC/Belanda dan era Portugis serta zaman kuno. Tujuan mereka hanya satu menemukan fakta yang sebenarnya, menganalisis dengan teliti dari data yang tersedia (saat itu). Motif mereka umumnya hanya bersifat akademik untuk kebenaran ilmu pengetahuan.


Ada perbedaan ketersedian data sejarah pada era Hindia Belanda dengan era masa kini. Pada masa Hindia Belanda, para peneliti terbilang masih sangat terbatas ketersediaan data. Metode pengumpulan data dan analisis masih bersifat manual. Meski tujuannya murni untuk tujuan ilmu pengetahuan, tetapi dengan keterbatasa serupa hasilnya valid pada masa itu tetapi nilai validitasnya berbeda dengan hal yang sama diselidiki kembali. Pada masa ini tidak hanya secara akumulatif data semakin tersedia, tetapi juga semakin terdokumentasi dengan baik. Teknologi informasi masa kini membedakan tools yang digunakan masa lalu. Oleh karenanya banyak hasil penelitian yang dilakukan pada era Hindia Belanda tidak valid lagi. Seharusnya penyelidikan masa kini pada topik yang sama harusnya lebih baik jika dibandingkan pada masa lalu. Satu yang penting hasil-hasil penelitian masa lalu juga perlua dibaca, dipahami agar penyelidikan masa ini dapat membenarkan dan juga dapat memperbaiki kesalahan yang ada.

Lantas bagaimana sejarah pelurusan sejarah zaman kuno Nusantara? Seperti disebut di atas, era Hindia Belanda sudah banyak dilakukan, tetapi dalam konteks narasi sejarah era Hindia Belanda sudah banyak yang tidak valid lagi. Lalu bagaimana sejarah pelurusan sejarah zaman kuno Nusantara? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Kamis, 25 Agustus 2022

Sejarah Menjadi Indonesia (796): Kenduri Swarnabhumi; Sungai Batanghari, Hulu di Sumatra Barat, Hilir Jauh di Muaro Jambi


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Kenduri adalah satu haal, sungai Batanghari adalah hal lain lagi. Sejarah sungai Batanghari adalah sejarah yang panjang. Sungai Batanghari berhulu di Solok Selatan (Sumatra Barat) dan berhilir di Muaro Jambi dan Tanjung Jabung (Jambi). Dalam konteks inilah muncul gagasan kenduri Swarnabhumi.


Sungai menjadi bagian penting bagi manusia. Sungai merupakan jalur transportasi yang menghubung-rangkaikan satu lokasi dengan lokasi Dengan demikian, sungai bukan hanya berupa aliran air dari hulu ke hilir, melainkan bersamanya turut mengalirkan peradaban manusia. Satu di antara sungai yang dimaksud adalah sungai Batanghari, sungai Batanghari merupakan sungai terpanjang di pulau Sumatra. Panjangnya lebih kurang 800 km yang melintasi dua provinsi, yaitu Sumatra Barat dan Jambi, serta melewati sekian banyak kabupaten/kota, di antaranya adalah Kabupaten Solok Selatan, Dharmasraya, Bungo, Tebo, Batanghari, Kota Jambi, Muaro Jambi, dan Tanjung Jabung Timur. Sungai Batanghari mencatat perjalanan panjang sejarah kemelayuan di Sumatra hingga kawasan semenanjung. Setidaknya, hal tersebut telah ditapaki pada abad ke-7 hingga 13 Masehi dengan menjadi jalur perdagangan yang ramai. Tidak hanya para pedagang nusantara yang meramaikannya, melainkan juga dari Cina, India, Persia, hingga Arab dengan berbagai bahan perdagangannya. Maka, tidak mengherankan jika kemudian kita mendapati tinggalan arkeologi dan peninggalan penting lainnya yang menunjukkan adanya suatu peradaban atau pola hidup akuatik di Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari. Prasasrti, candi/situs, area permukiman, perahu kuno, keramik, hingga arsitektur bangunan. Kembali mengingat pentingnya sungai Batanghari bagi peradaban kemelayuan di nusantara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) bersama 14 pemerintah daerah menginisiasi kegiatan Kenduri Swarnabhumi. Kenduri Swarnabhumi ini mengangkat tajuk utama: Peradaban Sungai Batanghari: Dulu, Kini, dan Nanti. Slogan kegiatan tersebut adalah “Cintai budaya kita lestarikan sungai, Cintai sungai kita lestarikan budaya”.(https://kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Lantas bagaimana sejarah kenduri Swarnabhumi? Seperti disebut di atas, gagasan kenduri itu dalam kontek sejarah sungai Batanghari, hulu di Sumatra Barat dan hilir di Muaro Jambi. Lalu bagaimana sejarah kenduri Swarnabhumi? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Menjadi Indonesia (795): Kenduri Sko di Kerinci; Tanjung Tanah, Antara Pantai Barat Sumatra-Pantai Timur Sumatra


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Wilayah Kerinci adalah wilayah yang unik, berada diantara beberapa wilayah budaya (Batak, Minangkabau, Melayu dan Redjang). Wilayahnya juga strategis berada diantara pantai barat dan pantai timur Sumatra. Wilayah Kerinci awalnya dimasukkan ke wilayah Sumatra Barat tetapi kemudian ke wilayah Jambi (yang sekarang). Satu yang penting di wilayah Kerinci ditemukan teks tua di Tanjung Tanah. Naskah Tanjung Tanah adalah kitab undang-undang yang dikeluarkan oleh kerajaan Melayu pada abad ke-14. Naskah ini merupakan naskah Melayu yang tertua, dan juga satu-satunya yang tertulis dalam aksara Sumatera Kuno yang juga disebut sebagai aksara Malayu. Selain bahasa Melayu, naskah ini juga menggunakan bahasa Sanskerta.


Kenduri Sko adalah rangkaian acara adat berupa peringatan (kenduri) yang dilaksanakan oleh masyarakat suku Kerinci di provinsi Jambi. Acara ini juga disebut dengan istilah Kenduri Pusako (Pusaka). Istilah ‘sko’ berasal dari kata ‘saka’ berarti keluarga atau leluhur dari pihak ibu dan biasa disebut dengan khalifah ngan dijunnung dan waris yang dijawab. Sko sendiri dibagi menjadi sko tanah dan sko gelar, dimana sko gelar dapat diberikan oleh ibu kepada saudara laki-laki dari pihak ibu (mamak). Pada acara ini terdapat dua agenda pokok yaitu acara untuk menurunkan dan menyucikan benda-benda pusaka, dan acara untuk mengukuhkan pada orang yang akan menerima gelar adat. Acara penurunan benda pusaka biasanya dilaksanakan tiap setahun sekali, atau 5-10 tahun sekali, bahkan 25 tahun sekali. Di daerah Tanjung Tanah acara penurunan benda pusaka dilaksanakan setiap 7 sampai 10 tahun. (Wikipedia)

Lantas bagaimana sejarah kenduri Sko di Kerinci dan Tanjung Tanah? Seperti disebut di atas, Tanjung Tanah di wilayah Kerinci antara Pantai Barat Sumatra dan Pantai Timur Sumatra. Lalu bagaimana sejarah kenduri Sko di Kerinci dan Tanjung Tanah? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Rabu, 24 Agustus 2022

Sejarah Menjadi Indonesia (794): Temuan Harta Karun Barang Kuno Jatuh di Dasar Laut/Tanah; Kapal Karam dan Harta Karun

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Sejarah Indonesia (baca: Nusantara) adalah sejarah yang panjang dari zaman kuno. Peninggalan dari masa ke masa itu ada yang sudah ditemukan dan dilestarikan seperti candi dan prasasti, namun diduga masih banyak yang belum ditemukan. Penemuan baru akan terus berlangsung selama proses pencarian terus dilakukan, apakah dengan segaja atau tidak sengaja. Belum lama ini ada dua tempat ditemukan peninggalan zaman kuno di daerah aliran sungai Musi, Palembang dan di daerah aliran sungai Pinangsori/Lumut, Tapanuli.


Pada bulan Oktober 2021 diberitakan ada penemuan perhiasan emas yang mana ada yang menduga peninggalan masa kerajaan Melayu kuno atau Kerajaan Sriwijaya di Palembang. Perhiasan emas tersebut ditemukan warga di dasar sungai Musi Palembang (Pulau Kemaro). Selama lima tahun terakhir harta yang ditemukan itu nilainya mencapai miliaran rupiah.  Salah satu harta karun tersebut berupa patung Buddha abad ke-8 yang dihiasi permata dan harganya ditaksir mencapai miliaran rupiah. Seorang arkeolog dari Inggris, Dr Sean Kingsley, mengatakan penemuan harta karun di sungai Musi Palembang selama lima tahun terakhir sangat luar biasa. Dia pun mengaitkan harta karun yang diduga peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Selanjutnya pada bulan Desember 2021 diberitakan penemuan harta karun di wilayah Tapanuli Tengah di (desa) Jago-Jago, Kecamatan Badiri (yang kemudian disebut situs Bongal). Penemuan warga tersebut antara lain pecahan gerabah, keramik, gelas-gelas, patung kayu, batu-batuan, koin-koin kuno yang diperkirakan berasal dari masa dinasti Umayyah dan Abbasiyah pada abad ke-6. Untuk menemukan para warga menyelam di kanal dengan kedalaman satu hingga tiga meter bermodal sekop dan ember.

Lantas bagaimana sejarah temuan harta karun barang kuno jatuh di dasar laut? Seperti disebut di atas, dalam tahun-tahun terakhir ini ditemukan berbagai harta karun di dasar laut yang diduga berasal dari masa lampau. Dua tempat yang terkait barang-barang kuno berharga ditemukan di daerah aliran sungai Musi dan daerah aliran sungai Pinangsaori/Lumut (Tapanuli). Lalu bagaimana sejarah temuan harta karun barang kuno jatuh di dasar laut? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Menjadi Indonesia (793): Penemuan Kapal Tua di Pantai Jambi-Pantai Rembang; Kapal Hang Tuah-Kapal Relief Borobudur?


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Dunia sejarah kita pada masa ini kerap tergunjang karena penemuan baru. Yang membuat kita lebih terguncang adalah setiap penemuan, para ahli yang menemukannnya selalu memberi analisis dan interpretasi yang seringkaali berita hebohnya yang ditinjolkan daripada bagaimana penemuan itu dapat dijelaskan. Hal itulah yang terjadi pada penemuan serpihan kapal tua di Muaro Jambi dan rongsokan kapal-kapal tua di Rembang. Seperti biasa, berita penamuan kuno dihubungkan dengan hal yang heboh lagi. Penemuan di Jambi dihubungkan dengan kapal Hang Tuah dan penemuan di Rembang dihubungkan dengan kapal layar pada relief candi Borobudur.


Dimana temuan kapal kuno di dua tempat itu ditemukan? Di wilayah Jambi temuan itu berada di desa Kota Harapan, kecamatan Muara Sabak Timur, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Juga penemuan dihubungkan dengan penemuan di desa Lambur di kecamatan yang sama. Temuan di wilayah Rembang ditemukan di desa Punjulharjo di kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang. Satu yang pasti penemuan kapal kuno di dua wilayah itu sama-sama berada di pantai/pesisir laut. Pertanyaannya: Apakah penemuan di Jambi itu dapat dihubungkan dengan era Hang Tuah apalagi era Srieijaya? Juga apakah penemuan di Rembang itu dapat dihubungkan dengan Mataram Kuno? Menurut ahli sejarah, jika sesuatu yang hilang di masa lampau dan masih gelap, carilah ditempat yang terang.

Lantas bagaimana sejarah penemuan kapal tua di pantai Jambi dan pantai Rembang? Seperti disebut di atas, penemuan itu berada di garis pantai pada masa ini. Apakah garis pantai masa kini sama dengan garis pantai masa lalu di zaman kuno? Lalu bagaimana sejarah penemuan kapal tua di pantai Jambi dan pantai Rembang? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.