Rabu, 24 Maret 2021

Sejarah Menjadi Indonesia (47): Data Harta Karun di Laut Memperkaya Narasi Sejarah Indonesia; Peta Harta Karun Laut Indonesia

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog Klik Disini 

Banyak harta karun di darat yang sudah diketahui dieksplorasi dan diekploitasi, tetapi lebih banyak lagi potensi harta karun di lautan, di dasar laut. Harta karun laut Indonesia harus dilihat dari dua sisi. Harta karun yang benar-benar harta dan memiliki nilai moneter dan harta karun sebagai khasanah kekayaan Indonesia yang mengandung nilai-nilai sejarah yang penting. Harta karun di laut Indonesia terdiri dari wujud kapal yang tenggelam di masa lampau, benda yang jatuh ke laut apakah akibat kapal karam atau benda atau barang karena jatuh di laut dalam navigasi pelayaran, bahkan sejak zaman kuno. Laut Indonesia yang luas, persilangaan navigasi pelayaran dunia (Lautan Pasifik dan Lautan Hindia) memiliki potensi harta karun yang banyak.

Dimana harta karun Indonesia di dasar laut dapat dibedakan menurut kedalaman laut Indonesia. Laut Indonesia terbagi tiga bagian, laut dangkal dan laut dalam. Laut dangkal terdiri dari paparan Sunda dan paparan Sahul. Paparan Sunda meliputi dasar laut yang di masa lampau terhubung dengan benua Asia. Paparan Sunda ini adalah Laut Jawa, laut Selat Malaka dan laut Selat Karimata, Sementara Paparan Sahul adalah laut Arafuru dan Laut Timor yang di masa lapu terhubung dengan benua Australia. Sedangkan di antara dua wilayah laut dangkal ini terdapat laut dalam  yakni Laut Banda, Laut Sulawesi, Laut Flores, Laut Maluku dan Selat Sulawesi,

Lantas bagaimana sejarah harta karun di laut Indonesia? Bagaimana kegiatan eksplorasi dan eksploitasinya? Seperti disebut di atas, dalam harta karun terdapat nilai moneter dan nilai sejarah--tahun atau era sejarah yang penting yang dapat memperkaya data sejarah Indonesia yang sudah ada. Harta karun yang paling nyata adalah kapal-kapal yang tenggelam selama Perang Pasifik (1941-1942) baik kapal milik Jepang atau milik Pemerintah Hindia Belanda. Tentu saja ada pesawat terbang yang jatuh ke laut. Jauh sebelum itu banyak kapal-kapal yang tenggelam di masa lampau apakah akibat terkena badai atau yang diserang oleh bajak laut. Satu kapal ekspedisi pertama Belanda yang dipimpin oleh Cornelis de Houtman dibakar dan ditenggalamkan di selat Lombok. Sebera luas peta harta karun Indonesia tersebut? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah seharusnya memiliki permulaan. Jika sejarawan gagal memberikan bukti catatan tertulis, setiap orang bahkan oleh penduduknya sendiri akan menciptakan imajinasi sendiri. Untuk menghindari hal itu terjadi, sumber utama yang digunakan dalam artikel ini adalah ‘sumber primer’ seperti surat kabar dan majalah sejaman, foto dan peta-peta. Sumber buku hanya digunakan sebagai pendukung (pembanding), karena saya anggap buku juga merupakan hasil kompilasi (analisis) dari sumber-sumber primer. Dalam penulisan artikel ini tidak semua sumber disebutkan lagi karena sudah disebut di artikel saya yang lain. Hanya sumber-sumber baru yang disebutkan atau sumber yang sudah pernah disebut di artikel lain disebutkan kembali di artikel ini hanya untuk lebih menekankan saja*.

Sejarah Harta Karun di Laut Indonesia

Tunggu deskripsi lengkanya

Peta Harta Karun Indonesia Booming Musik Indonesia

Tunggu deskripsi lengkanya

 

*Akhir Matua Harahap, penulis artikel di blog ini adalah seorang warga Kota Depok sejak 1999 hingga ini hari. Pernah menjadi warga Kota Bogor (1983-1991) dan Jakarta Pusat (1991-1999). Disamping pekerjaan utama sebagai dosen dan peneliti di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, saya memiliki hobi berkebun di seputar rumah--agar lingkungan tempat tinggal segar dan hijau. Menulis artikel di blog hanya dilakukan saat menonton sepakbola atau waktu senggang, utamanya jelang tidur..Saya sendiri bukan sejarawan (ahli sejarah), tetapi ekonom yang memerlukan aspek sejarah dalam memahami ekonomi dan bisnis Indonesia. Artikel-artikel sejarah dalam blog ini hanyalah catatan pinggir yang dibuang sayang (publish or perish). Korespondensi: akhirmh@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar