Kamis, 27 Juni 2019

Sejarah Bekasi (6): Nama Djago di Bekasi, Djawara di Banten; Sejarah Djago, Djagoan, Djoeara, Djawara, Tjenteng dan Preman


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Kota Bekasi dalam blog ini Klik Disini

Bandit atau garong adalah satu hal, Djago atau Djawara adalah hal lain. Di dalam kelompok bandit atau garong juga muncul djago atau djawara dan sebvaliknya seorang djago atau djawara dapat berperilaku bandit atau garong. Sejarah bandit di era kolonial Belanda sudah ditulis, tetapi sejarah djago atau djawara tampaknya belum disentuh. Padahal aktivitas bandit atau garong sejaman dengan keberadaan djago atau djawara.  Boleh jadi para penulis terdahulu tidak melakukan pemisahan.

Bataviaasch nieuwsblad, 28-08-1929
Pada era kolonial Belanda, setiap tempat memiliki terminologi yang berbeda-beda untuk menunjukkan satu hal. Selain tjenteng di Batavia, juga disebut djago di Bekasi, djoeara atau djawara di Banten dan preman di Deli. Di Sumatra, terminologi djoeara merujuk pada hulubalang mandiri. Penggunaan terminologi tjenteng lebih luas, tidak hanya di Batavia tetapi juga di Deli. Berbeda dengan djago atau djawara, terminologi tjenteng mengindikasikan suatu profesi apakah sebagai penjaga (gudang atau plantation) atau pengawal pribadi (bodyguard). Namun adakalanya djago atau djawara juga disebut tjenteng. Dalam perkembangan lebih lanjut terminologi tjenteng terdegradasi dan terminologi preman mengalami promosi. Sementara itu teminologi djago menghilang dan digantikan dengan djawara. Untuk terminologi bandit atau garong, juga muncul sebutan lain yakni rampok dan bangsat.

Lantas bagaimana kisah para djago atau djagoan di Bekasi? Lalu mengapa istilah djogo atau djagoan di Bekasi bergeser menjadi djawara? Satu kisah pilu seorang djagoan Bekasi diberitakan tahun 1929. Sang djagoan tewas oleh seorang pemuda belia yang masih berumur 16 tahun. Apakah terminologi djago atau djagoan bergeser menjadi djawara karena seiring dengan semakin populernya nama ayam jago sebagai merek jamu? Mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sumber utama yang digunakan dalam artikel ini adalah ‘sumber primer’ seperti surat kabar sejaman, foto dan peta-peta. Sumber buku hanya digunakan sebagai pendukung (pembanding), karena saya anggap buku juga merupakan hasil kompilasi (analisis) dari sumber-sumber primer. Dalam penulisan artikel ini tidak semua sumber disebutkan lagi karena sudah disebut di artikel saya yang lain. Hanya sumber-sumber baru yang disebutkan atau sumber yang sudah pernah disebut di artikel lain disebutkan kembali di artikel ini hanya untuk lebih menekankan saja*.

Djago Bekasi

Berita sedih di suatu hari di Bekasi, seorang djago tewas di tangan seorang pemuda belia yang masih berumur 16 tahun (lihat Bataviaasch nieuwsblad, 28-08-1929). Disebutkan di sebuah pasar di Bekasi, seorang Djago terkenal di Bekasi dan sekitarnya, bernama Bandjir, ditikam oleh seorang bocah lelaki berusia sekitar enam belas tahun. Penduduk merasa lega dengan ini. Para pengikut Bandjir kemudian mencoba untuk membalas dendam pada saudara lelaki bocah itu.

Namun untuk menghindari munculnya korban jiwa lebih banyak lagi, mahkamah (Landraad van Meester Cornelis) menggelar sidang terhadap Serah, sang bocah yang dipersepsikan sebagai pembunuh djagoan. Serah mengakui di pengadilan bahwa tanpa sengaja mendorong Bandjir dan karena itu membuat Bandjir sangat marah sehingga Banjir melemparkan Serah ke tanah. Itulah awal perkara. Pengadilan mahkamah lalu menjatuhkan hukuman penjara dua tahun kepada Serah dipotong masa tahanan.

Penduduk dalam kasus ini merasa lega. Itu berarti seorang djago diasosiasikan dengan status diri seseorang tetapi telah meresahkan masyarakat. Satu hal yang membuat masyarakat resah adalah perampokan yang disertai pembunuhan brutal. Sementara minimnya jumlah polisi untuk memastikan keamanan di wilayah Bekasi yang begitu luas. Kasus Bandjir dan Serah tetap tidak mampu mengatasi persoalan di msyarakat.

Tunggu deskripsi lengkapnya


*Akhir Matua Harahap, penulis artikel di blog ini adalah seorang warga Kota Depok sejak 1999 hingga ini hari. Pernah menjadi warga Kota Bogor (1983-1991) dan Jakarta Pusat (1991-1999). Disamping pekerjaan utama sebagai dosen dan peneliti di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, saya memiliki hobi berkebun di seputar rumah--agar lingkungan tempat tinggal segar dan hijau. Menulis artikel di blog hanya dilakukan saat menonton sepakbola atau waktu senggang, utamanya jelang tidur..Saya sendiri bukan sejarawan (ahli sejarah), tetapi ekonom yang memerlukan aspek sejarah dalam memahami ekonomi dan bisnis Indonesia. Artikel-artikel sejarah dalam blog ini hanyalah catatan pinggir yang dibuang sayang (publish or perish). Korespondensi: akhirmh@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar