Minggu, 09 April 2023

Sejarah Banyumas (31): Wonosobo di Hulu Sungai Serayu; Wilayah Gunung Diantara Dataran Tinggi Dieng dan Candi Borobudur


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Banyumas dalam blog ini Klik Disini

Wonosobo atau Wanasaba. Tempo doeloe disebut district Ledok. Satu dari tiga district yang akan dijadikan satu residentie (Residentie Bagelen, Ledok dan Banjoemas). Akan tetapi tidak lama kemudian dijadikan dua residentie: Residentie Begelen dan Ledok; Residentie Banjoemas. Sekali lagi nama residentie hanya disebut Residentie Bagelen (saja). Tamat nama Ledok, tetapi nama Wonosobo menjadi popular di residentie Bagelen. Mengapa?

 

Wonosobo, sebuah wilayah kabupaten. Kabupaten berbatasan kabupaten Temanggung dan kabupaten Magelang di timur, kabupaten Purworejo di selatan, Kabupaten Kebumen dan kabupaten Banjarnegara di barat, serta kabupaten Batang dan kabupaten Kendal di utara. Wonosobo berasal Wanasaba, berarti "tempat berkumpul di hutan", diduga dari bahasa Sanskerta: vanasabhā. Kedua kata ini juga dikenal sebagai dua buku dari Mahabharata: "Sabhaparwa" dan "Wanaparwa". Kabupaten Wonosobo berdiri 24 Juli 1825 sebagai kabupaten di bawah Kesultanan Yogyakarta seusai pertempuran dalam Perang Diponegoro. Kyai Moh. Ngampah, yang membantu Diponegoro, diangkat sebagai bupati pertama dengan gelar Kanjeng Raden Tumenggung Setjonegoro di Ledok. Disebutkan pula bahwa Setjonegoro adalah bupati yang memindahkan pusat kekuasaan dari Selomerto ke daerah Kota Wonosobo saat ini. Sebagian besar area Kabupaten Wonosobo adalah daerah pegunungan. Bagian timur (perbatasan dengan Kabupaten Temanggung) terdapat dua gunung berapi: Gunung Sindoro (3.136 M) dan Gunung Sumbing (3.371 M). Daerah utara merupakan bagian dari Dataran Tinggi Dieng, dengan puncaknya Gunung Prahu (2.565 M), Telaga Menjer, dan Danau Cebong. Di sebelah selatan wilayah dataran rendah Wonosobo, terdapat Waduk Wadaslintang. Ibu kota Kabupaten Wonosobo berada di tengah-tengah daerah kabupaten, yang merupakan daerah hulu Kali Serayu. (Wikipedia).

Lantas bagaimana sejarah Wonosobo di hulu sungai Serayu? Seperti disebut di atas, sejarah Wonosobo kurang terinformasikan. Wonosobo sendiri dapat dikatakan berad di tengah pulau Jawa. Wilayah Wonosobo diduga wilayah yang penting di masa lampau karena wilayah berada diantara Dataran Tinggi Dieng dan Candi Borobudur. Lalu bagaimana sejarah Wonosobo di hulu sungai Serayu? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah seharusnya memiliki permulaan. Jika sejarawan gagal memberikan bukti catatan tertulis, setiap orang bahkan oleh penduduknya sendiri akan menciptakan imajinasi sendiri. Untuk menghindari hal itu terjadi, sumber utama yang digunakan dalam artikel ini adalah ‘sumber primer’ seperti surat kabar dan majalah sejaman, foto dan peta-peta. Sumber buku hanya digunakan sebagai pendukung (pembanding), karena saya anggap buku juga merupakan hasil kompilasi (analisis) dari sumber-sumber primer. Dalam penulisan artikel ini tidak semua sumber disebutkan lagi karena sudah disebut di artikel saya yang lain. Hanya sumber-sumber baru yang disebutkan atau sumber yang sudah pernah disebut di artikel lain disebutkan kembali di artikel ini hanya untuk lebih menekankan saja*.

Wonosobo di Hulu Sungai Serayu; Wilayah Diantara Dataran Tinggi Dieng dan Candi Borobudur

Tunggu deskripsi lengkapnya

Wilayah Diantara Dataran Tinggi Dieng dan Candi Borobudur: Arti Penting Daerah Aliran Sungai Serayu

Tunggu deskripsi lengkapnya

 

 

*Akhir Matua Harahap, penulis artikel di blog ini adalah seorang warga Kota Depok sejak 1999 hingga ini hari. Pernah menjadi warga Kota Bogor (1983-1991) dan Jakarta Pusat (1991-1999). Disamping pekerjaan utama sebagai dosen dan peneliti di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, saya memiliki hobi berkebun di seputar rumah--agar lingkungan tempat tinggal segar dan hijau. Menulis artikel di blog hanya dilakukan saat menonton sepakbola atau waktu senggang, utamanya jelang tidur. Saya sendiri bukan sejarawan (ahli sejarah), tetapi ekonom yang memerlukan aspek sejarah dalam memahami ekonomi dan bisnis Indonesia. Artikel-artikel sejarah dalam blog ini hanyalah catatan pinggir yang dibuang sayang (publish or perish). Korespondensi: akhirmh@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar