Pembukaan jalur kereta api Batavia dan Buitenzorg sangat berdampak luas: menghubungkan istana di Bogor dan istana di Batavia; memudahkan transportasi penduduk maupun wisatawan yang ke Buitenzorg. Manfaat lainnya adalah menjadi angkutan utama barang dan komoditi dari hulu sungai Ciliwung. Jalur kereta api Batavia-Buitenzorg mulai dioperasikan tahun 1873. Jalur ini dikelola oleh swasta (NIS).
Stasion Buitenzorg, 1880 |
Jalur Kereta Api: Batavia-Bekasi-Buitenzorg
Di ’sGravenhage (kini Den Haag) telah ada rencana konsesi
pada tahun 1864 untuk mengeksploitasi jalur kereta api di (pulau) Jawa. Yang
mendapat hak konsesi ini adalah JE Banck Cs. Rencana ini sudah dituangkan dalam
proposal dan sudah dipetakan. Dalam peta tersebut, jalur kereta api yang akan
dibangun untuk ruas Batawia-Buitenzorg melalui Bekasi, Tjibidong (Cibitung),
Tjilengsi dan Tjitrap (Citeureup).