Rabu, 03 Juli 2019

Sejarah Bekasi (13): Sejarah Banjir Bekasi; Kali Mati, Kali Malang Rawa Malang, Rawa Siloeman, Tjiboentoe dan Rawa Pandjang


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Kota Bekasi dalam blog ini Klik Disini

Sejarah banjir di Bekasi adalah sejarah panjang, bahkan sejak jaman purba. Muara sungai Bekasi yang sekarang sebelumnya jauh lebih ke dalam. Pada era VOC, kampong  Moara diidentifikasi sebagai batas daratan dan lautan. Kampong Moara tempo doeloe ini kini menjadi batas Kecamatan Muara Gembong hingga ke laut. Seluruh wilayah kecamatan ini dapat dikatakan hasil proses sedimentasi jangka panjang. Proses sedimentasi yang kuat mengindikasikan adanya arus deras di kawasan rendah yang membawa lumpur dari hulu. Tipologi daratan dan sungai semacam ini kerap menimbulkan banjir besar. Seringnya banjir di Bekasa pada masa ini adalah gambaran banjir yang intens pada masa lampau. Banjir besar di Bekasi terjadi pada tahun 2016.

Banjir bandang di Bekasi 1961 (De Volkskrant, 24-01-1961)
Pada tahun 2007 pernah terjadi banjir besar di Bekasi. Namun banjir yang terjadi pada bulan April 2016 dianggap sangat besar. Banjir bandang tahun 2016 ini terjadi karena luapan Kali Bekasi yang tidak bisa ditahan. Banyak orang menganggap banjir Bekasi tahun 2016 ini sebagai banjir terbesar sepanjang sejarah. Idem dito dengan sejarah banjir di Jakarta. Tipologi wilauah Bekasi dan Jakarta yang wilayahnya berdekatan kurang lebih sama. Banjir gede di Jakarta terjadi pada tahun 2007, banjir yang bersamaan dengan banjir Bekasi tahun 2007. Banjir Bekasi tahun 2016 jauh lebih besar dari banjir Bekasi tahun 2007.

Banjir gede pada  tahun 2016 bukanlah banjir terbesar dalam sejarah banjir Bekasi. Pada tahun 1961 pernah terjadi banjir hebat di Bekasi yang disebabkan oleh sungai Bekasi dan sungai Tjitaroem. Sebanyak 211.600  jiwa penduduk mengungsi dan 60.000 rumah ditelan banjir. Otoritas militer yang melakukan pengamatan dari pesawat menyatakan bahwa daerah Bekasi menyerupai satu lautan coklat besar (lihat  De Volkskrant, 24-01-1961). Peristiwa banjir 1961 inilah yang kemudian memantapkan penyegeraan rencana lanjutan pembangunan kanal Kalimalang dari Bekasi ke (bendungan) Tjoeroek di Poerwakarta. Sebelumnya, pada tahun 1959 kanal Kalimalang ruas Bekasi-Jakarta sudah selesai dibangun.

Selasa, 02 Juli 2019

Sejarah Bekasi (12): Gedong Tinggi Gedung Joang 45 di Tambun; Tamboen Kongsie dan Khouw Bersaudara Tjeng Tjoan-Tjeng Kee


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Kota Bekasi dalam blog ini Klik Disini

Di Tambun tempo doeloe terdapat sebuah gedong tinggi, tertinggi di District Bekasi. Gedong tinggi ini, kini menjadi Gedong Joang 45 Bekasi. Jauh sebelumnya di Tamboen terdapat nama grup yang disebut Tamboen Kongsie. Tanah-tanah di Bekasi Oost, termasuk land Tamboen pernah dimiliki oleh dua bersaudara: Khouw Tjeng Tjoan dan Khou Tjeng Kee. Yakni tanah-tanah yang merupakan warisan ayah mereka,  Khow Tjian Sek. Land Tamboen terakhir dikuasai oleh ‘Maatschappij. Khou Tjeng Kee’ yang dipimpin oleh Khouw Oen Hoej (cucu dari Khow Tjian Sek).

Gedung Joang 45 Tambun (Peta 1903)
Khouw Tjeng Tjoan dan Khou Tjeng Kee adalah dua konglomerat di Residentie Batavia yang mengawali karir sebagai komandan Tionghoa. Di Residentie Oost Sumatra yang berpusat di Medan juga terdapat dua bersaudara yang menjadi konglmerat yakni Tjing A Fie dan Tjong Jong Hian. Yang sekelas dengan dua bersaudara di Batavia dan Medan ini adalah bapak anak di Residentie Semarang senior Oei Tjie Sien dan junior Oei Tiong Ham. Tiga keluarga konglomerat ini bahkan asetnya lebih banyak jika dibandingkan masing-masing pemerintah setempat.

Gedong tinggi di Tamboen mulai dibangun tahun 1906 oleh Maatschappij. Khou Tjeng Kee. Gedong mewah ini tetap eksis hingga ini hari. Gedung tua pada awalnya disita oleh pemerintah pendudukan militer Jepang dan kemudian sempat digunakan oleh para pejuang Republik melawan Sekutu/Inggris dan Belanda/NICA. Lantas bagaimana sejarah lengkap tersebut yang kini disebut Gedung Joang 45? Mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Bekasi (11): Douwes Dekker van Bekasi; Garis Perjuangan Eduard di Natal, Ernest di Bandoeng dan Camille di Bekasi


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Kota Bekasi dalam blog ini Klik Disini

Selama ini hanya dikenal dua Douwes Dekker yakni Eduard Douwes Dekker yang pernah di Natal, Lebak dan Ambon dengan bukunya yang terkenal Max Havelaar; dan Ernest Douwes Dekker yang di Bandoeng yang dikenal sebagai Setia Buddhi Tiga Seangkai. Akan tetapi, kenyataannya juga terdapat Douwes Dekker di Bekasi: Camille Hugo Douwes Dekker.

Camille Hugo Douwes Dekker
Di antara Belanda yang rasis, juga terdapat yang humanis; di antara Belanda yang zalim juga ada yang adil; di antara Belanda yang tidak punya hati ternyata juga ada yang punya hati. Tiga Douwes Dekker yang disebut di atas adalah orang-orang Belanda yang memiliki hati yang mulia terhadap orang pribumi. Mereka ini humanis, adil dan berhati mulia. Oleh karena itu, mereka yang peduli terhadap pribumi tidak jarang mereka dikucilkan oleh orang-orang Belanda sendiri.

Camille Hugo Douwes Dekker di Bekasi 1913 berbeda pendangan dengan atasanya Asisten Residen. Camille Hugo Douwes Dekker, Controleur Bekasi cukup akomodir terhadap perkembangan Sarikat Islam di Bekasi. Lalu pers Belanda menghubungkan Camille Hugo Douwes Dekker dengan Controleur di Natal Eduard Douwes Dekker alias Multatuli. Tidak salah memang, Eduard Douwes Dekker adalah kakek buyut Camille Hugo Douwes Dekker. Lantas bagaimana kisah Camille Hugo Douwes Dekker di Bekasi? Itu yang belum ditulis. Untuk itu mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Minggu, 30 Juni 2019

Sejarah Bekasi (10): Majoor Moeffreni Moe’min, Komandan Tjikampek; Overste MO Parlindoengan, Colonel AH Nasoetion


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Kota Bekasi dalam blog ini Klik Disini

Batavia, Tjikampek dan Bandoeng adalah garis lalu lintas perjalanan kereta api terpenting di wilayah West Java. Garis ini juga menjadi penting pada era perang kemerdekaan Indonesia. Posisi Tjikampek sebagai interchange lalu lintas kereta api, juga lokasinya sangat stategis diantara dua medan pertempuran: wilayah pegunungan dan wilayah pantai. Itulah keutamaan kota Tjikampek. Pada era perang kemerdekaan, Mayor Moeffreni Moe’min menjadi Komandan Tjikampek.

Pada era perang kemerdekaan, ketika Belanda/NICA menggantikan posisi Sekutu/Inggris di Djakarta/Batavia, area pertempuran bergeser ke luar kota yang berpusat di tiga tempat: Depok, Tangerang dan Tjikampek. Garis terdepan wilayah Depok berada di Tjililitan dan Kalibata dan garis terdepan wilayah Tjikampek berada di Tjakoeng dan Tjilintjing. Belanda/NICA menganggap wilayah Depok menjadi penting karena terjadi kerusuhan di Depok pada tanggal 11 Oktober 1945, sementara Sekutu/Inggris menganggap wilayah Tjikampek menjadi penting karena terjadi kecelakaan pesawat militer Inggris di Tjakoeng yang mana korban selamat dibunuh di Bekasi. Dua wilayah sisi luar Batavia ini menjadi wilayah terpenting Komando Siliwangi, dua wilayah yang bertetangga, dan dua wilayah gerilya yang saling terhubung sejak doeloe.  

Mayor Moeffreni Moe’min dan wilayah Bekasi menjadi tidak terpisahkan. Wilayah Bekasi mulai dari sungai Tjakoeng di barat hingga sungai Tjitaroem di timur. Saat terjadi berbagai peristiwa di Bekasi (23 November-13 Desember), di Tjikampek sudah dibentuk Garis Pertahanan Pertama (eerste verdedigingslinie) Republik. Komandannya adalah Mayor Moeffreni Moe’min. Lantas siapa Mayor Moeffreni Moe’min? Sejarahnya sudah banyak ditulis. Artikel ini tidak untuk mengulang, hanya sekadar untuk melengkapi. Itu berarti ada hal-hal baru yang selama ini tidak diceritakan. Mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Jumat, 28 Juni 2019

Sejarah Bekasi (9): Perang 1945 Melawan Sekutu/Inggris; Merapikan Narasi Sejarah Perang Kemerdekaan Indonesia di Bekasi


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Kota Bekasi dalam blog ini Klik Disini

Perang kermedekaan di Bekasi adalah bagian dari perang kemerdekaan Indonesia. Seperti di tempat lain, di Bekasi juga terjadi perang melawan Sekutu/Inggris. Perang kemerdekaan melawan Sekutu/Inggris di Bekasi dipicu oleh sebab terjadinya kecelakan pesawat militer Inggris di Rawa Gatel. Setelah seminggu dari kejadian baru pasukan Inggris dikerahkan ke Bekasi untuk tindakan operasi mencari lorban selamat dan evakuasi korban.

Tentara Sekutu/Inggris di Bekasi, 1945
Setelah Jepang takluk kepada Sekutu, Indonesia segera memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Aguistus 1945 di Djakarta. Untuk melucuti militer Jepang dan membebaskan interniran Eropa/Belanda di Indonesia dilakukan oleh militer Inggris. Tugas itu dilakukan di Djakarta dan kota-kota pantai lainnya seperti di Semarang dan Soerabaja. Lalu dari kota-kota itu pasukan Sekutu/Inggris merangsek ke kota-kota di pedalaman. Prioritas pertama pasukan Sekutu/Inggris dari Djakarta adalah untuk membebaskan Bogor dan Bandung. Dalam perjalanan dari Djakarta ke Bogor juga termasuk pembebasan di Depok.   

Namun ada beberapa kejadian di Bekasi yang diceritakan (lisan) pada masa ini tidak sinkron dengan fakta yang benar-benar terjadi yang diberitakan di dalam surat kabar pada waktu itu. Karena alasan itu perlu kiranya sejarah perang kemerdekaan di Bekasi ditulis kembali. Dalam rangka untuk merapikan narasi sejarah perang kemerdekaan melawan Sekutu/Inggris kedua sumber tersebut dikombinasikan, tetapi dengan mengutamakan sumber tertulis (surat kabar sejaman).

Sejarah Bekasi (8): Pecinan (China Town) di Kota Bekasi, Hoofdplaats Belanda di Kota Depok; Sejarah Orang Tionghoa di Bekasi


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Kota Bekasi dalam blog ini Klik Disini

Di era kolonial Belanda, Bekasi tidak hanya ‘diomongin’ orang Belanda sebagai Provinsi China, kota Bekasi juga adalah kota China (China Town). Masih pada era yang sama, kota Depok disebut kota Belanda. Kota Bekasi dapat disebut kota China karena populasi orang Tionghoa cukup banyak. Demikian juga kota Depok, populasi orang Belanda juga cukup banyak. Di Depok ada sebutan Belanda Depok, tapi tidak pernah ada sebutan Cina Bekasi.

Kota Bekasi (Peta 1901)
Pecinan (China Town) terdapat di banyak tempat di Asia dan Amerika, bahkan juga di Australia. Istilah pecinan (China Town) merujuk pada tempat/area dimana populasi orang-orang Tionghoa cukup banyak. Pada era kolonial Belanda, kota dimana terdapat banyak populasi orang Tionghoa terdapat di Batavia, Semarang, Soerabaja dan Medan. Juga ditemukan jumlah yang signifikan di Padang, Bandoeng dan Buitenzorg. Tentu saja tidak hanya itu, ternyata populasi orang Tionghoa juga sangat besar di Bekasi, bahkan hampir separuh dari penduduk kota. Satu kota yang penduduknya mayoritas orang Tionghoa ditemukan di kota Lasem (Rembang). Kota Lasem kerap ‘diomongin’ orang Belanda sebagai Tiongkok Kecil.   

Apakah ada pecinan di Kota Bekasi pada masa ini? Tentu saja tidak lagi  Pecinan (China Town) hanya ditemukan di kota-kota besar seperti Semarang, Surabaya, Medan dan Bandung. Memang ada disebut pecinan di Kota Bekasi, tetapi sesungguhnya itu tidak tepat lagi. Pecinan yang dimaksud di Kota Bekasi adalah area di sekitar Pasar Proyek. Lantas seperti apa (area) pecinan di kota Bekasi pada masa lampau. Itulah yang ingin kita ketahui. Mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.