Indeks Pembangunan Manusia di Kota Depok: Tertinggi di Provinsi Jawa Barat dan Peringkat Tiga Nasional







Warga Kota Depok boleh senyum sedikit. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Depok merupakan yang tertinggi di Provinsi Jawa Barat dan berada pada peringkat ketiga secara nasional setelah Kota Yogyakarta dan Kota Jakarta Selatan. Pada tahun 2011 IPM Kota Depok  adalah 79.20. IPM Kota Depok pada tahun 2013 ditargetkan akan mampu melampaui angka 80. Sebagai perbandingan, IPM Kota Bekasi berada di peringkat 50 nasional, Kota Bandung berada pada peringkat 58 dan Kota Bogor pada peringkat 63.

***
Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan suatu indikator yang menjelaskan bagaimana penduduk suatu wilayah mempunyai kesempatan untuk mengakses hasil dari suatu pembangunan sebagai bagian dari haknya dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. Nilai IPM ini menunjukkan seberapa jauh wilayah tersebut telah mencapai sasaran yang ditentukan yaitu angka harapan hidup 85 tahun, pendidikan dasar bagi semua lapisan masyarakat (tanpa kecuali), dan tingkat pengeluaran dan konsumsi yang telah mencapai standar hidup layak. Semakin dekat nilai IPM suatu wilayah terhadap angka 100, maka semakin dekat jalan yang harus ditempuh untuk mencapai sasaran itu. Tinggi rendahnya status pembangunan manusia menurut UNDP dapat dibedakan menjadi 3 (tiga) golongan, yaitu :
·        Rendah, jika IPM < 50.
·        Menengah, jika 50 < IPM < 80.
·        Tinggi, jika IPM > 80.

***
Penampilan OK manusia Kota Depok juga tercermin dari banyak aspek. Penduduk Kota Depok 99.9 persen bisa berbahasa Indonesia (tertinggi se Jawa Barat). Sebanyak 13.4 persen penduduknya berpendidikan tinggi (lulusan Perguruan Tinggi). Kondisi psikomotorik Penduduk Kota Depok juga terbilang prima. Kemampuan melihat, mendengar dan mengingat serta bergerak penduduk Kota merupakan yang tertinggi dibandingkan kota-kota lain di Jawa Barat. Berdasarkan hasil Sensus Penduduk 2010, sebanyak 97.9 persen penduduk Kota Depok mampu melihat dengan terang, 99.5 persen mampu mendengar dengan jelas, 99.3 persen mampu mengingat dan bisa berkomunikasi, 99.3 persen mampu berjalan/naik tangga dan 99.1 persen mampu mengurus diri sendiri.   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar