Selasa, 18 April 2023

Sejarah Banyumas (49): Sepakbola Wilayah Banyumas Bermula di Cilacap? Persatuan Sepak Bola Cilacap dan Sekitarnya (PSCS)


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Banyumas dalam blog ini Klik Disini

Klub sepak bola kabupaten Banjumas tidak di Banyumas tetapi di Purwokerto. Persatuan Sepakbola Indonesia Banyumas (Persibas Banyumas) bermarkas di Stadion Satria, Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Persibas Banyumas sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 1950 dengan nama ISB (Ikatan Sepakbola Banyumas), Bagaimana dengan di Banjarnegara? Persatuan Sepakbola Indonesia Banjarnegara (Persibara) berbasis di Kabupaten Banjarnegara dengan stadion Sumitro Kolopaking. Sementara itu, Persatuan Sepak Bola Cilacap dan Sekitarnya (PSCS) bermarkas di Cilacap.


Profil PSCS CIlacap, Berawal Dari Anak Muda Perkeretapian Hingga Kembali ke Liga 2 2021. Senin, 7 Juni 2021. Seipoku.com. PSCS Cilacap salah satu klub di Liga 2 2021. Klub merupakan kebanggaan kabupaten Cilacap berjuluk 'Hiu Pantai Selatan'. PSCS Cilacap sendiri termasuk klub baru promosi ke Liga 2 pada musim 2019. Sebab 2 musim sebelumnya, mereka terdegradasi ke Liga 3. Dikutip dari Youtube 'Sejarah Berdirinya PSCS Cilacap' oleh Media PSCS Cilacap, klub tersebut bermarkas di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. PSCS Cilacap berdiri bermula dari kegemaran sekumpulan anak – anak muda perkeretaapian terhadap sepak bola pada akhir tahun 1959. Berjalannya waktu dan semakin meningkatnya kegemaran anak – anak muda tersebut, akhirnya pada tahun 1960 sekitar bulan April bertepatan dengan hari jadi PSSI tanggal 19 April 1960 kumpulan anak muda perkeretaapian tersebut mulai memperkenalkan Klub tersebut dengan nama PST (Persatoean Sepak Bola Tjilatjap). Berjalannya waktu dan semakin giatnya anak muda Cilacap dalam olah raga sepak bola yang ternyata menjalar tidak hanya di kawasan kota Cilacap. Maka sejak tahun 1970 secara resmi nama klub berubah menjadi Persatuan Sepak Bola Cilacap dan Sekitarnya (PSCS). (https://palembang.tribunnews.com/2021/) 

Lantas bagaimana sejarah sepak bola wilayah Banyumas bermula di Cilacap? Seperti disebut di atas, klub sepak bola Persibas di Purwokerto dan Persibara di Banjarnegara serta PSCS di Cilacap. Pertanyaannya dimana sepak bola bermula di wilayah Banyumas? Lalu bagaimana sejarah sepak bola wilayah Banyumas bermula di Cilacap? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah seharusnya memiliki permulaan. Jika sejarawan gagal memberikan bukti catatan tertulis, setiap orang bahkan oleh penduduknya sendiri akan menciptakan imajinasi sendiri. Untuk menghindari hal itu terjadi, sumber utama yang digunakan dalam artikel ini adalah ‘sumber primer’ seperti surat kabar dan majalah sejaman, foto dan peta-peta. Sumber buku hanya digunakan sebagai pendukung (pembanding), karena saya anggap buku juga merupakan hasil kompilasi (analisis) dari sumber-sumber primer. Dalam penulisan artikel ini tidak semua sumber disebutkan lagi karena sudah disebut di artikel saya yang lain. Hanya sumber-sumber baru yang disebutkan atau sumber yang sudah pernah disebut di artikel lain disebutkan kembali di artikel ini hanya untuk lebih menekankan saja*.

Sepak Bola Wilayah Banyumas Bermula di Cilacap; Persatuan Sepak Bola Cilacap dan Sekitarnya (PSCS)

Tunggu deskripsi lengkapnya

Persatuan Sepak Bola Cilacap dan Sekitarnya (PSCS): Sepak Bola di Wilayah Banyumas Masa ke Masa

Tunggu deskripsi lengkapnya

 

 

*Akhir Matua Harahap, penulis artikel di blog ini adalah seorang warga Kota Depok sejak 1999 hingga ini hari. Pernah menjadi warga Kota Bogor (1983-1991) dan Jakarta Pusat (1991-1999). Disamping pekerjaan utama sebagai dosen dan peneliti di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, saya memiliki hobi berkebun di seputar rumah--agar lingkungan tempat tinggal segar dan hijau. Menulis artikel di blog hanya dilakukan saat menonton sepakbola atau waktu senggang, utamanya jelang tidur. Saya sendiri bukan sejarawan (ahli sejarah), tetapi ekonom yang memerlukan aspek sejarah dalam memahami ekonomi dan bisnis Indonesia. Artikel-artikel sejarah dalam blog ini hanyalah catatan pinggir yang dibuang sayang (publish or perish). Korespondensi: akhirmh@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar