55 Tahun Lalu (1962): Real Madrid vs Juventus (3-1)



Saat ini tengah berlangsung Final Liga Champion Eropa di Wales. Pertandingan puncak Liga Champion Eropa tahun ini (2017) bertemu Real Madrid dari Spanyol dan Juventus dari Italia. Klub mana yang menang dan menjadi juara belum bisa diketahui karena pertandingan baru berlangsung babak pertama.

Friese koerier, 01-03-1962
Sambil menunggu siapa yang juara, ada baiknya membuka sejarah pertemuan antara dua klub tersebut. Kapan keduanya pertama kali bertemu? Dari sumber surat kabar yang dapat ditelusuri, kedua klub ini pertama kali terjadi pada tahun 1962. Seperti apa pertemua kedua klub hebat itu, mari kita lacak!

Real Madrid vs Juventus

Real Madrid didirikan tahun 1902 di Madrid, Spanyol. Juventus didirikan tahun 1897 di Turin, Italia. Kedua klub ini baru pertama kali bertemu tahun 1962. Itu berarti terjadi 55 tahun yang lalu. Hasil pertandingan saat itu berakhir dengan kemenangan Real Madrid dengan skor 3-1 (lihat Friese koerier: onafhankelijk dagblad voor Friesland en aangrenzende gebieden, 01-03-1962).

Pertandingan sepakbola di Indonesia (baca: Hindia Belanda) pertama kali dilaporkan akhir tahun 1893 di Medan. Pertandingan pertama itu mempertemukan tim dari Medan (Belanda) dan tim dari Penang (Inggris) (lihat Sumatra-courant: nieuws- en advertentieblad, 02-01-1894). Pertandingan di Medan ini mengindikasikan bahwa klub Real Madrid dan klub Juventus belum lahir.

Pertemuan kali pertama kedua klub ini dalam rangka Europese Beker yang diselenggarakan di Paris. Pertandingan semi final antara juara Spanyol dan juara Italia ini dihadiri oleh sebanyak 40.000 penonton.
Pertanyaannya. Apakah pertandingan terakhir (kini) kedua klub ini di dalam final Liga Champion Eropa berakhir dengan skor 3-1 untuk Real Madrid. Kita tunggu saja. Mari kita lihat di televise. Selamat menonton.

*Dikompilasi oleh Akhir Matua Harahap berdasarkan sumber tempo doeloe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar