Sabtu, 01 Oktober 2022

Sejarah Bangka Belitung (20): Bahasa di Bangka dan Belitung; Tidak Hanya Bahasa Melayu, Ada Juga Bahasa Asal Tiongkok


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Bangka Belitung dalam blog ini Klik Disini  

Salah satu bagian dari sejarah local adalah sejarah bahasa. Dalam hal ini bahasa dapat diwariskan atau diturunkan ke generasi berikut. Oleh karena itu bahasa, yang masih eksis sekarang dapat dijadikan sebagai data sejarah. Namun sangat jarang narasi sejarah bahasa ditulis, dan bahasa-bahasa yang pernah eksis terutama di Bangka dan Belitung juga kurang terinformasikan.


Bahasa Bangka atau Basé Bangka adalah bahasa dipetuturkan di Bangka Belitung. Bahasa termasuk dalam salah satu rumpun bahasa melayu-polinesia. Beberapa dialek bahasa diantaranya: dialek Bangka utara, dialek Bangka Selatan, dialek Bangka Tengah, dan dialek Lom (nama suku asli di Pulau Bangka) atau Belom atau Mapor. Berdasarkan informasi dari Dinas Kebudayaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, penutur bahasa bangka mencapai 340.000 pada tahun 2000. Secara umum dialek bahasa bangka hampir mirip dengan bahasa Betawi Jakarta. Meski itu hanya kilasan saja, namun, jika diteliti lebih lanjut berdasarkan tiap tiap daerah di Bangka Belitung, maka dialek bahasa jelas berbeda. Dialek Bangka bagian timur tidak sama dengan dialek Bangka bagian Selatan. Begitu juga di daerah pulau Bangka bagian Utara dan Barat. Bangka bagian Timur dengan Ibu kota Belinyu memiliki dialek lebih kental menggunakan akhiran O dan E bahasa ngapo dan bahasa panji. Sedangkan Bangka Selatan lebih akrab dengan akhiran “E” kuat (logat melayu Malaysia). Bangka selatan seperti kota Toboali lebih akrab dengan logat menggantikan pengucapan dengan huruf “S” menjadi “H”. Bbahasa bangka daerah pusat Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka ada sisi kemiripan dan sebagian besar sama. Dialeknya lebih dominan menggunakan huruf “e” lemah seperti logat Bahasa Betawi. Bahasa ini cenderung seperti bahasa melayu pada umumnya tetapi, bahasa ini mengubah penyebutan huruf ‘e’ menjadi ‘E’. (Wikipedia).

Lantas bagaimana sejarah bahasa-bahasa di Bangka dan Belitung? Seperti disebut di atas, tidak hanya bahasa Melayu, ada juga bahasa asal Tiongkok dan Sulawesi. Lalu bagaimana sejarah bahasa-bahasa di Bangka dan Belitung? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Jumat, 30 September 2022

Sejarah Bangka Belitung (19): Lenggang di Belitung Timur - Basuki Tjahaja Purnama; Kampong Ahok Kini Menjadi Kampong Fifi


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Bangka Belitung dalam blog ini Klik Disini  

Apa pentingnya desa Lenggang, di pulau Belitung (kini masuk kecamatan Gantung, kabupaten Belitung Timur)? Tentu sulit dipahami dalam peta sejarah hingga muncul nama terkenal Basuki Tjahaja Purnama (pernah menjabat sebagai Guburnur DKI Jakarta). Karena itu didesa ini kemudian muncul kampong yang disebut Kampong Ahok, tetapi kini lebih popular dengan nama Kampong Fifi. Apakah ada narasi sejarah yang penting antara nama penting Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dengan wilayah di Belitung Timur, terutama di wilayah Gantung dimana terdapat kampong Lenggang?


Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.  Jumlah Kelurahan & Desa = 39. Jumlah Penduduk = 119.807. Jumlah Pulau bernama = 141. Dasar Hukum = Undang-Undang RI No. 5 Tahun 2003, Tgl. 25-02-2003. Terduru dari kecamatan: Simpang Pesak, Simpang Renggiang, Damar, Kelapa Kampit, Dendang dan Gantung. Untuk kecamatan Manggar: Lalang Jaya, Kurnia Jaya, Padang, Kelubi, Lalang, Baru, Buku Limau (Pulau Buku Limau), Mekar Jaya, Bentaian Jaya. Kecamatan Gantung: Gantung, Selingsing, Jangkar Asam, Lilangan, Lenggang; Kecamatan Kelapa Kampit: Mayang, Buding, Cendil, Senyubuk, Mentawak. Kecamatan Dendang: Balok, Nyuruk. Jangkang, Dendang. Kecamatan Gantung: Limbongan, Batu Penyu, Lenggang, Lilangan, Jangkar Asam, Selingsing. Gantung. Kecamatan Manggar: Bentaian Jaya, Mekar Jaya, Buku Limau (Pulau Buku Limau), Baru, Lalang, Kelubi, Padang, Kurnia Jaya dan Lalang Jaya.

Lantas bagaimana sejarah Desa Lenggang, Belitung Timur dan Basuki Tjahaja Purnama; Kampong Ahok menjadi Kampong Fifi? Seperti disebut di atas, desa Lenggang adalah kampong halaman mantan Gubernur DKI Jakarta. Lalu bagaimana sejarah Desa Lenggang, Belitung Timur dan Basuki Tjahaja Purnama, Kampong Ahok menjadi Kampong Fifi? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Bangka Belitung (18): Bandara di Bangka Belitung, Mula Dimana? Lapangan Terbang Militer - Bandar Udara Komersil


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Bangka Belitung dalam blog ini Klik Disini 

Lapangan terbang adalah kebutuhan untuk pendaratan pesawat udara/kapal terbang. Dalam hal ini moda transportasi udara adalah puncak peradaban manusia sejak era zaman kuno navigasi pelayaran perdagangan. Sebelum terdapat lapangan terbang di Bangka dan Belitung, moda transportasi laut yang digunakan dimana dermaga-dermaga banyak dibangun, baik untuk mengubungkan antara kota di dalam pulau maupun antar pulau. Lalu kemudian tumbu berkembang moda transpoertasi darat dengan pembangunan jalan raya di dalam pulau.


Lapangan terbang Pangkal Pinang kini lebih dikenal sebagai Bandar Udara (bandara) Depati Amir, adalah bandar udara yang terletak di Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Bandara ini dikelola oleh PT Angkasa Pura II sejak bulan Januari 2007. Pada awalnya bernama Pelabuhan Udara Pangkalpinang yang dibangun sejak penjajahan Jepang tahun 1942 sebagai pertahanan dari serangan tentara sekutu. Pada tahun 1985 nama Pelabuhan Udara diubah menjadi Bandar Udara. Pada tahun 1999, nama Bandar Udara Pangkalpinang diubah menjadi Bandar Udara Depati Amir. Sejak 1 Januari 2007, Bandara ini diserahkan pengelolaannya kepada sebuah BUMN yang membidangi pengelolaan beberapa bandara di wilayah barat Indonesia, yaitu PT Angkasa Pura II (Persero). Pada tahun 1978, landasan dipindah bergeser ke arah barat sejauh sekitar 75 meter, dengan panjang 1200 m. Kemudian secara bertahap terus diperpanjang menjadi 1600 m, 1800 m, 2000 m dan selanjutnya tahun 2013 runway telah mencapai panjang 2250 m x 45m. Dalam sejarah perpanjangan landasan pacu ini, pernah juga memotong sebuah jalan raya, hingga pada akhirnya jalan raya tersebut dialihkan ke arah jalur yang lebih sesuai. Hingga saat ini runway bandara ini telah mampu didarati pesawat tipe Boeing 737-800NG/900ER, & Airbus A320. (Wikipedia) 

Lantas bagaimana sejarah bandara di Bangka dan Belitung, bermula dimana? Seperti disebut di atas, sejarah bandara nermula di masa lampau pada era Hindia Belanda yakni pada awalnya untuk kepubutuhan lapangan terbang militer hingga kini bandar udara (bandara) komersil. Lalu bagaimana sejarah bandara di Bangka dan Belitung, bermula dimana? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Kamis, 29 September 2022

Sejarah Bangka Belitung (17): Kereta Api di Bangka dan Belitung; Navigasi Pelayaran, Jalan Darat hingga Kebutuhan Kereta Api


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Bangka Belitung dalam blog ini Klik Disini

Pada dasarnya sejarah perkeretaapian di Indonesia tidak hanya di Jawa dan Sumtara. Namun yang eksis pada masa ini hanya disitu. Akan tetapi dalam sejarah permulaan dan perkembangan jaringan kereta api di Indonesia pada era Hindia Belanda jauh lebih luas termasuk di pulau-pulau lainnya seperti Bali, Lombok, Sulawesi, Kalimantan. Bagaimana dengan di pulau Bangka dan Belitung? Pernah eksis, tetapi tidak berkelanjutan.


Artefak merupakan kajian utama dalam studi arkeologi, dari sebuah artefak, arkeolog berusaha mengungkap kejadian yang berlangsung pada masa lalu. Artikel ini berusaha melakukan proses tersebut dengan mengaitkannya terhadap informasi-informasi lain yang berhasil dihimpun sehingga deskripsi kejadian masa lalu dapat diperoleh. Dengan memfokuskan pada temuan Rel di Sungailiat, artikel ini berusaha menghubungkan berbagai peristiwa masa lalu, khususnya pada zaman kolonial Belanda. Dari hasil penelitian kemudian diharapkan dapat menjadi sumbangan inspirasi bagi pengetahuan dalam bidang sejarah dan teknologi masa lalu untuk menjadi pertimbangan dalam membuat kebijakan di masa depan. Abstrak: Rel Kereta dan Dinamika Tambang Timah masa Lalu di Pulau Bangka: Kajian Arkeologi Industri oleh Muhamad Nofri Fahrozi.

Lantas bagaimana sejarah kereta api di Bangka dan Belitung, navigasi pelayaran, jalan darat hingga kebutuhan kereta api? Seperti disebut di atas, di pulau Bangka pernah eksis sarana dan prasarana kereta api. Sejak era Hindia Belanda? Lalu bagaimana sejarah kereta api di Bangka dan Belitung, navigasi pelayaran, jalan darat hingga kebutuhan kereta api? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Bangka Belitung (16): Pendidikan di Bangka dan Belitung; Begitu Dekat dengan Batavia, Siapa Sarjana Pertama di Bangka?


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Bangka Belitung dalam blog ini Klik Disini   

Kini, di Bangka Belitung telah berdiri universitas dengan status negeri (sejak 2010). Suatu pencapai bagi pemerintah dan masyarakat di provinsi Bangka Belitung, setelah begitu lama menunggu pendidikan tinggi didambakan. Dalam hal universitas adalah lembaga Pendidikan tertinggi, yang tentu menjadi menarik diperhatikan bagaimana semua itu bermula di masa lampua di pulau Bangka dan pulau Belitung, Ketika penduduk membeutuhkan Pendidikan.  


Kehadiran Universitas Bangka Belitung (UBB) adalah cita-cita yang telah lama mengakar dalam diri masyarakat Serumpun Sebalai. Universitas Bangka Belitung resmi berdiri pada tanggal 12 April 2006. Pendirian UBB merupakan hasil penyatuan dari Politeknik Manufaktur Timah (Polman Timah), Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER Bangka), dan Sekolah Tinggi Teknik Pahlawan 12 (STTP 12). Pada awal berdirinya, status UBB secara de yure adalah pemilikan masyarakat, sedangkan secara de fakto bisa dikatakan pemilikan Pemerintah Daerah baik Provinsi, Kabupaten dan Kotamadya sebagai penyangga utama. Selain itu dukungan dari Perusahaan PT. Timah Tbk juga cukup besar yang juga memiliki ikatan emosional langsung dengan salah satu cikal bakal UBB Polman Timah, yang pada tahun 2009 kemudian berpisah dengan UBB dan bersamaan waktunya dengan UBB menjadi Politeknik Negeri dengan nama baru Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung. Status sebagai Universitas Negeri yang menjadi tujuan utama kembali menggelegar, penyerahan asset menjadi api yang kembali membakar semangat dan antusiasme UBB untuk segera dinegerikan. Menjadi Universitas Negeri adalah dambaan masyarakat Bangka Belitung. Seluruh tahapan sudah dilalui dengan sempurna, hanya tinggal menunggu sebuah tanda tangan yang mensyahkan status negeri UBB, tanda tangan Presiden Republik Indonesia. Penantian panjang itu akhirnya berbuah manis. Status negeri yang lama diperjuangkan sejak lama tersebut resmi disandang Universitas Bangka Belitung (UBB) ketika Peraturan Presiden no.65 tahun 2010 dikeluarkan pada tanggal 19 November 2010 lalu di Jakarta. (http://bakk.ubb.ac.id)

Lantas bagaimana sejarah pendidikan di Bangka dan Belitung, begitu dekat dengan Batavia, siapa sarjana pertama? Seperti disebut di atas, kini Bangka Belitung telah memiliki universitas negeri yang memungkin warga Bangka Belitung akan lebih mudah mendapatkan Pendidikan tinggi. Tidak harus lagi ke Jakarta/Batavia. Lalu bagaimana sejarah pendidikan di Bangka dan Belitung, begitu dekat dengan Batavia, siapa sarjana pertama? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Rabu, 28 September 2022

Sejarah Bangka Belitung (15): Jalan Raya di Bangka dan Belitung; Dulu Coast to Coast, Kini Jalan Raya Antar Kota di Dalam Pulau


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Bangka Belitung dalam blog ini Klik Disini  

Pada masa ini di pulau Bangka dan pulau Belitung, antara satu kota dengan kota lain terhubung dengan jalan raya. Jaringan jalan yang melintasi di seluruh pulau kini menjadi domain dalam pencarian lokasi geografis (shareloc) dan jalan raya menjadi pananda navigasi visual (googleearth). Semua itu di masa lampau bermula dari pelayaran laut (coast to coas) hingga munculnnya rintisan jalan darat, yang terus berkembang hingga zaman Now.


Seperti halnya sejarah Kesehatan penduduk, sejarh jalan raya di pulau Bangka (dan pulau Belitung) tidak hanya tidak terinformasikan tetapi juga tidak terperhatikan. Sejarah perjalanan di pulau Bangka, hanya dikaitkan dengan sejarah kota-kota pelabuhan yang tidak terhubung satu sama lain, karena yang diperhatikan adalah lalu lintas pelayaran di pulau Bangka dan Belitung melalui laut (yang berbeda dengan di pantai timur Sumatra seperti di wilayah provinsi Sumatra Selatan dan provinsi Jambi yang sekarang yang dihubungkan dengan lalu lintas sungai. Oleh karena itulah, sejarah jaringan jalan di pulau Bangka dan pulau Belitung terlupakan dan terabaikan. Fakta bahwa masa kini, kita di Bangka dan Belitung sehari-hari menjalani kehidupan melalui jalan-jalan raya.

Lantas bagaimana sejarah jalan raya di pulau Bangka dan pulau Belitung? Seperti disebut di atas, hal itu kurang terperhatikan, faktanya kini kita hidup menggunakan jalan raya. Dulu Coast to Coast melalui laut, kini jalan antar kota di dalam pulau. Lalu bagaimana sejarah jalan raya di pulau Bangka dan pulau Belitung? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.