Sabtu, 26 Oktober 2019

Sejarah Sukabumi (18): Bupati Soekaboemi Soerianatabrata Meniti Karir dari Bawah; Bupati Sukabumi Pertama Dimulai 1921


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Kota Sukabumi dalam blog ini Klik Disini

Dalam daftar nama Bupati Sukabumi (lihat Wikipedia), nama bupati pertama adalah Soerianatabrata. Bupati pertama ini menjabat antara tahun 1921 hingga 1930. Pada masa ini Bupati Sukabumi dijabat oleh Drs H Marwan Hamami, MM yang akan berakhir pada tahun 2021. Bermulanya Soerianatabrata dan berakhirnya Marwan Hamami itu berarti satu abad bupati (regent) di Afdeeling (kabupaten) Soekaboemi.

Sejarah bupati di Sukabumi belumlah lama jika dibandingkan dengan di kabupaten lainnya. Seperti dicatat dalam Wikipedia, sejarah bupati Bandung tercatat mulai tahun 1632; bupati Cianjur sejak tahun 1677; bupati Garut sejak 1813; bupati Sumedang sejak 1578. Sejarah bupati di Sukabumi juga tidak termasuk baru. Seperti dicatat dalam Wikipedia, sejarah bupati Karawang baru dimulai pada tahun 1945; sejarah bupati Bogor baru dimulai pada tahun 1948; sejarah bupati Bekasi baru dimulai pada tahun 1950; sejarah bupati Purwakarta baru dimulai pada tahun 1968.

Yang pertama selalu menarik perhatian. Itu berarti Soerianatabrata sebagai bupati (kabupaten) Sukabumi yang pertama tentu menarik perhatian. Namun sangat disayangkan, sejarah Soerianatabrata tidak pernah ditulis. Disinilah pentingnya, mengapa kita perlu menulis sejarah Soerianatabrata sebagai bupati pertama. Mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sumber utama yang digunakan dalam artikel ini adalah ‘sumber primer’ seperti surat kabar sejaman, foto dan peta-peta. Sumber buku hanya digunakan sebagai pendukung (pembanding), karena saya anggap buku juga merupakan hasil kompilasi (analisis) dari sumber-sumber primer. Dalam penulisan artikel ini tidak semua sumber disebutkan lagi karena sudah disebut di artikel saya yang lain. Hanya sumber-sumber baru yang disebutkan atau sumber yang sudah pernah disebut di artikel lain disebutkan kembali di artikel ini hanya untuk lebih menekankan saja*.

Regent Soekaboemi di Residentie Preanger Regentschappen  

Nama Soerianatabrata kali pertama diberitakan pada tahun 1903 (lihat De Preanger-bode, 04-02-1903). Disebutkan bahwa Raden Soerianatabrata menjadi penulis (schrijver) di kantor Asisten Residen Garoet yang mana sebelumnya bertugas sebagai penulis di (kantor) Controleur di Tjikadjang (Garoet). Setelah beberapa tahun kemudian diketahui Soerianatabrata bertugas sebagai mantri kredit untuk pribumi di Tjitjalengka.

Soerianatabrata diduga kuat adalah lulusan sekolah pamong (pejabat pribumi) di Bandoeng yang kemudian disebut sekolah OSVIA (Opleiding School Voor Inlandsche Ambtenaren). Sebelum tahun 1900, sekolah pamong hanya terdapat di Bandoeng, Magelang dan Probolinggo. Soerianatabrata besar kemungkinan sebagai lulusan OSVIA Bandoeng.

Pada tahun 1908 Raden Soerianatabrata dipromosikan sebagai asisten wedana di Onderdistrtict Tjiemas, Afdeeling Soekaboemi (lihat De Preanger-bode, 30-06-1908). Disebutkan bahwa sebelumnya Raden Soerianatabrata adalah mantri kredit untuk pribumi di Tjitjalengka.

Tunggu deskripsi lengkapnya

RAA Soerianatabrata  

Tunggu deskripsi lengkapnya


*Akhir Matua Harahap, penulis artikel di blog ini adalah seorang warga Kota Depok sejak 1999 hingga ini hari. Pernah menjadi warga Kota Bogor (1983-1991) dan Jakarta Pusat (1991-1999). Disamping pekerjaan utama sebagai dosen dan peneliti di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, saya memiliki hobi berkebun di seputar rumah--agar lingkungan tempat tinggal segar dan hijau. Menulis artikel di blog hanya dilakukan saat menonton sepakbola atau waktu senggang, utamanya jelang tidur..Saya sendiri bukan sejarawan (ahli sejarah), tetapi ekonom yang memerlukan aspek sejarah dalam memahami ekonomi dan bisnis Indonesia. Artikel-artikel sejarah dalam blog ini hanyalah catatan pinggir yang dibuang sayang (publish or perish). Korespondensi: akhirmh@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar