Kamis, 25 Agustus 2022

Sejarah Menjadi Indonesia (796): Kenduri Swarnabhumi; Sungai Batanghari, Hulu di Sumatra Barat, Hilir Jauh di Muaro Jambi


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Kenduri adalah satu haal, sungai Batanghari adalah hal lain lagi. Sejarah sungai Batanghari adalah sejarah yang panjang. Sungai Batanghari berhulu di Solok Selatan (Sumatra Barat) dan berhilir di Muaro Jambi dan Tanjung Jabung (Jambi). Dalam konteks inilah muncul gagasan kenduri Swarnabhumi.


Sungai menjadi bagian penting bagi manusia. Sungai merupakan jalur transportasi yang menghubung-rangkaikan satu lokasi dengan lokasi Dengan demikian, sungai bukan hanya berupa aliran air dari hulu ke hilir, melainkan bersamanya turut mengalirkan peradaban manusia. Satu di antara sungai yang dimaksud adalah sungai Batanghari, sungai Batanghari merupakan sungai terpanjang di pulau Sumatra. Panjangnya lebih kurang 800 km yang melintasi dua provinsi, yaitu Sumatra Barat dan Jambi, serta melewati sekian banyak kabupaten/kota, di antaranya adalah Kabupaten Solok Selatan, Dharmasraya, Bungo, Tebo, Batanghari, Kota Jambi, Muaro Jambi, dan Tanjung Jabung Timur. Sungai Batanghari mencatat perjalanan panjang sejarah kemelayuan di Sumatra hingga kawasan semenanjung. Setidaknya, hal tersebut telah ditapaki pada abad ke-7 hingga 13 Masehi dengan menjadi jalur perdagangan yang ramai. Tidak hanya para pedagang nusantara yang meramaikannya, melainkan juga dari Cina, India, Persia, hingga Arab dengan berbagai bahan perdagangannya. Maka, tidak mengherankan jika kemudian kita mendapati tinggalan arkeologi dan peninggalan penting lainnya yang menunjukkan adanya suatu peradaban atau pola hidup akuatik di Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari. Prasasrti, candi/situs, area permukiman, perahu kuno, keramik, hingga arsitektur bangunan. Kembali mengingat pentingnya sungai Batanghari bagi peradaban kemelayuan di nusantara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) bersama 14 pemerintah daerah menginisiasi kegiatan Kenduri Swarnabhumi. Kenduri Swarnabhumi ini mengangkat tajuk utama: Peradaban Sungai Batanghari: Dulu, Kini, dan Nanti. Slogan kegiatan tersebut adalah “Cintai budaya kita lestarikan sungai, Cintai sungai kita lestarikan budaya”.(https://kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Lantas bagaimana sejarah kenduri Swarnabhumi? Seperti disebut di atas, gagasan kenduri itu dalam kontek sejarah sungai Batanghari, hulu di Sumatra Barat dan hilir di Muaro Jambi. Lalu bagaimana sejarah kenduri Swarnabhumi? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Menjadi Indonesia (795): Kenduri Sko di Kerinci; Tanjung Tanah, Antara Pantai Barat Sumatra-Pantai Timur Sumatra


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Wilayah Kerinci adalah wilayah yang unik, berada diantara beberapa wilayah budaya (Batak, Minangkabau, Melayu dan Redjang). Wilayahnya juga strategis berada diantara pantai barat dan pantai timur Sumatra. Wilayah Kerinci awalnya dimasukkan ke wilayah Sumatra Barat tetapi kemudian ke wilayah Jambi (yang sekarang). Satu yang penting di wilayah Kerinci ditemukan teks tua di Tanjung Tanah. Naskah Tanjung Tanah adalah kitab undang-undang yang dikeluarkan oleh kerajaan Melayu pada abad ke-14. Naskah ini merupakan naskah Melayu yang tertua, dan juga satu-satunya yang tertulis dalam aksara Sumatera Kuno yang juga disebut sebagai aksara Malayu. Selain bahasa Melayu, naskah ini juga menggunakan bahasa Sanskerta.


Kenduri Sko adalah rangkaian acara adat berupa peringatan (kenduri) yang dilaksanakan oleh masyarakat suku Kerinci di provinsi Jambi. Acara ini juga disebut dengan istilah Kenduri Pusako (Pusaka). Istilah ‘sko’ berasal dari kata ‘saka’ berarti keluarga atau leluhur dari pihak ibu dan biasa disebut dengan khalifah ngan dijunnung dan waris yang dijawab. Sko sendiri dibagi menjadi sko tanah dan sko gelar, dimana sko gelar dapat diberikan oleh ibu kepada saudara laki-laki dari pihak ibu (mamak). Pada acara ini terdapat dua agenda pokok yaitu acara untuk menurunkan dan menyucikan benda-benda pusaka, dan acara untuk mengukuhkan pada orang yang akan menerima gelar adat. Acara penurunan benda pusaka biasanya dilaksanakan tiap setahun sekali, atau 5-10 tahun sekali, bahkan 25 tahun sekali. Di daerah Tanjung Tanah acara penurunan benda pusaka dilaksanakan setiap 7 sampai 10 tahun. (Wikipedia)

Lantas bagaimana sejarah kenduri Sko di Kerinci dan Tanjung Tanah? Seperti disebut di atas, Tanjung Tanah di wilayah Kerinci antara Pantai Barat Sumatra dan Pantai Timur Sumatra. Lalu bagaimana sejarah kenduri Sko di Kerinci dan Tanjung Tanah? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Rabu, 24 Agustus 2022

Sejarah Menjadi Indonesia (794): Temuan Harta Karun Barang Kuno Jatuh di Dasar Laut/Tanah; Kapal Karam dan Harta Karun

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Sejarah Indonesia (baca: Nusantara) adalah sejarah yang panjang dari zaman kuno. Peninggalan dari masa ke masa itu ada yang sudah ditemukan dan dilestarikan seperti candi dan prasasti, namun diduga masih banyak yang belum ditemukan. Penemuan baru akan terus berlangsung selama proses pencarian terus dilakukan, apakah dengan segaja atau tidak sengaja. Belum lama ini ada dua tempat ditemukan peninggalan zaman kuno di daerah aliran sungai Musi, Palembang dan di daerah aliran sungai Pinangsori/Lumut, Tapanuli.


Pada bulan Oktober 2021 diberitakan ada penemuan perhiasan emas yang mana ada yang menduga peninggalan masa kerajaan Melayu kuno atau Kerajaan Sriwijaya di Palembang. Perhiasan emas tersebut ditemukan warga di dasar sungai Musi Palembang (Pulau Kemaro). Selama lima tahun terakhir harta yang ditemukan itu nilainya mencapai miliaran rupiah.  Salah satu harta karun tersebut berupa patung Buddha abad ke-8 yang dihiasi permata dan harganya ditaksir mencapai miliaran rupiah. Seorang arkeolog dari Inggris, Dr Sean Kingsley, mengatakan penemuan harta karun di sungai Musi Palembang selama lima tahun terakhir sangat luar biasa. Dia pun mengaitkan harta karun yang diduga peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Selanjutnya pada bulan Desember 2021 diberitakan penemuan harta karun di wilayah Tapanuli Tengah di (desa) Jago-Jago, Kecamatan Badiri (yang kemudian disebut situs Bongal). Penemuan warga tersebut antara lain pecahan gerabah, keramik, gelas-gelas, patung kayu, batu-batuan, koin-koin kuno yang diperkirakan berasal dari masa dinasti Umayyah dan Abbasiyah pada abad ke-6. Untuk menemukan para warga menyelam di kanal dengan kedalaman satu hingga tiga meter bermodal sekop dan ember.

Lantas bagaimana sejarah temuan harta karun barang kuno jatuh di dasar laut? Seperti disebut di atas, dalam tahun-tahun terakhir ini ditemukan berbagai harta karun di dasar laut yang diduga berasal dari masa lampau. Dua tempat yang terkait barang-barang kuno berharga ditemukan di daerah aliran sungai Musi dan daerah aliran sungai Pinangsaori/Lumut (Tapanuli). Lalu bagaimana sejarah temuan harta karun barang kuno jatuh di dasar laut? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Menjadi Indonesia (793): Penemuan Kapal Tua di Pantai Jambi-Pantai Rembang; Kapal Hang Tuah-Kapal Relief Borobudur?


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Dunia sejarah kita pada masa ini kerap tergunjang karena penemuan baru. Yang membuat kita lebih terguncang adalah setiap penemuan, para ahli yang menemukannnya selalu memberi analisis dan interpretasi yang seringkaali berita hebohnya yang ditinjolkan daripada bagaimana penemuan itu dapat dijelaskan. Hal itulah yang terjadi pada penemuan serpihan kapal tua di Muaro Jambi dan rongsokan kapal-kapal tua di Rembang. Seperti biasa, berita penamuan kuno dihubungkan dengan hal yang heboh lagi. Penemuan di Jambi dihubungkan dengan kapal Hang Tuah dan penemuan di Rembang dihubungkan dengan kapal layar pada relief candi Borobudur.


Dimana temuan kapal kuno di dua tempat itu ditemukan? Di wilayah Jambi temuan itu berada di desa Kota Harapan, kecamatan Muara Sabak Timur, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Juga penemuan dihubungkan dengan penemuan di desa Lambur di kecamatan yang sama. Temuan di wilayah Rembang ditemukan di desa Punjulharjo di kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang. Satu yang pasti penemuan kapal kuno di dua wilayah itu sama-sama berada di pantai/pesisir laut. Pertanyaannya: Apakah penemuan di Jambi itu dapat dihubungkan dengan era Hang Tuah apalagi era Srieijaya? Juga apakah penemuan di Rembang itu dapat dihubungkan dengan Mataram Kuno? Menurut ahli sejarah, jika sesuatu yang hilang di masa lampau dan masih gelap, carilah ditempat yang terang.

Lantas bagaimana sejarah penemuan kapal tua di pantai Jambi dan pantai Rembang? Seperti disebut di atas, penemuan itu berada di garis pantai pada masa ini. Apakah garis pantai masa kini sama dengan garis pantai masa lalu di zaman kuno? Lalu bagaimana sejarah penemuan kapal tua di pantai Jambi dan pantai Rembang? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Selasa, 23 Agustus 2022

Sejarah Menjadi Indonesia (792): Pejuang Bahasa di Malaysia, Patriotis? Mengapa Tidak Ada Aksara Daerah di Malaysia?

 

*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Ada perbedaan masa bagaimana perjuangan bahasa di Indonesia (baca: Hindia Belanda) dan di Malaysia (baca: Semenanjung Malaya). Perjuangan nama Indonesia dimulai tahun 1917 oleh para mahasiswa pribumi di Belanda dalam Kongres Mahasiswa Hindia yang dipimpin oleh HJ van Mook. Lalu gilirannnya perjuangan nama bahasa Bahasa Indonesia dilakukan pada Kongres Pemuda di Batavia tahun 1928. Perjuangan terus dilakukan yakni Kongres Bahasa Indonesia di Solo tahun 1938 dan mengamanatkan nama Bahasa Indonesia dalam konstitusi (UUD 1945). Selesai perjuangan bahasa Indonesia, tinggal menjaganya saja. Bagaimana dengan di Malyasia? Baru masa kini muncul nama-nama pejuang bahasa melayu di Malaysia. Apakah pejuang ini patriotis? Yang jelas era perjuangan sudah lama berlalu. Yang justru menjadi pertanyaannya: Mengapa tidak ada aksara daerah di Semenanjung Malaya?


Secara historis di Indonesia (baca: Nusantara), aksara (bahasa) daerah yang eksis hanya digolongkan dua modus: aksara Batak (Sumatra) dan aksara Jawa (Jawa+Bali). Dua aksara daerah ini diduga diturunkan dari aksara Pallawa. Pada saat itu lingua franca adalah bahasa Sanskerta (belum terbentuk bahasa Melayu). Sementara itu sebelum munculnya bahasa Sanskerta sebagai lingua franca sudah sejak zaman kuno terdapat bahasa-bahasa daerah di berbagai pulau Nusantara seperti bahasa Batak dan bahasa Jawa. Dalam hubungan ini, apakah ada bahasa daerah di Semenanjung Malaya? Jika ada, apakah ada aksara daerah di Semenanjung Malaya? Pertanyaan yang sama adalah apakah ada aksara daerah di wilayah Minangkabau (kini Sumatra Barat)? Yang jelas bahasa Minangkabau mirip bahasa Melayu. Lalu apakah bahasa asli Minangkabau (maksudnya bahasa yang berbeda dengan bahasa Minangkabau yang sekarang).

Lantas bagaimana sejarah pejuang bahasa di Malaysia, patriotis? Seperti disebut di atas, perjuangan nama dan Bahasa Indonesia sudah dimulai pada tahun 1917, kini hanya tingga menjaganya. Namun itu berbeda dengan di Malaysia. Lalu bagaimana sejarah pejuang bahasa di Malaysia, patriotis? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.

Sejarah Menjadi Indonesia (791): Bahasa Indonesia Mudah, Aksara Batak Mudah; Aksara Jawa dan Batak Suksesi Pallawa


*Untuk melihat semua artikel Sejarah Menjadi Indonesia dalam blog ini Klik Disini

Diantara bahasa-bahasa di dunia, ada yang menyebut Bahasa Indonesia dapar dikatakan sebagai yang secara teknis bahasa paling mudah dipelajari dan dipraktekkan. Hal ini juga karea pengadopsian aksara Latin dalam Bahasa Indonesia. Sebagaimana sejarahnya, Bahasa Indonesia berakar pada bahasa Melayu. Akan tetapi dalam perkembangannya, Bahasa Indonesia dibina terus sehingga menjadi lebih mudah jika dibandingkan dengan bahasa Melayu sendiri. Meski aksara Latin eksis, aksara daerah khususnya aksara Batak dan aksara Jawa juga tetap lestari.


Ada beberapa aksara yang pernah eksis di Indonesia sejak era Nusantara, antara lain aksara Pallawa, aksara Jawa dan aksara Batak, aksara Jawi (Arab gundul) dan terakhiri aksara Latin. Aksara Pallawa sudah lama tiada, namun suksesinya terbentuk aksara Jawa dan aksara Batak. Dua aksara inilah yang dapat dikatakan menurunkan aksara-aksara daerah pada masa ini. Aksara Jawa terbentuk, terutama di wilayah Melayu seiring dengan pengaruh Islam semakin menguat (yang menggantikan pengaruh Hindoe/Boedha). Aksara Latin diperkenalkan seiring dengan kehadiran orang Eropa dimulai oleh orang-orang Portugis, kemudian Belanda/VOC. Pada era Pemerintah Hindia Belanda, sementara aksara Jawa, Batak dan Jawi tetap dipertahankan, pemerintah mengintroduksi aksara Latin di sekolah-sekolah yang dibangun pemerintah. Aksara Latin ini hingga kini menjadi aksara standar di Indonesia.

Lantas bagaimana sejarah Bahasa Indonesia mudah, aksara Batak mudah? Seperti disebut di atas, bahasa-bahasa daerah sudah eksis di pulau-pulau nusantara saat mana lingua franca adalah bahasa Sanskerta dengan aksara Pallawa. Seiring dengan terbentuknya bahasa Melayu, juga terbentuk aksara Jawa dan aksara Batak. sejarah Bahasa Indonesia mudah, aksara Batak mudah? Lalu bagaimana sejarah pro dan kontra orang Malaysia terhadap Indonesia? Seperti kata ahli sejarah tempo doeloe, semuanya ada permulaan. Untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan sejarah nasional, mari kita telusuri sumber-sumber tempo doeloe.